Temanggung (ANTARA News) - Taman Pengayoman di belakang rumah dinas Bupati Temanggung, Jawa Tengah, setelah direnovasi kini dilengkapi 50 kios kuliner yang nantinya akan diisi oleh para pedagang kaki lima yang selama ini menempati kawasan Alon-Alon Temanggung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kabupaten Temanggung, Pardiono di Temanggung, Jumat malam mengatakan luas Taman Pengayoman sekitar 6.000 meter persegi.

Ia mengatakan hal tersebut pada peresmian Taman Pengayoman oleh Bupati Temanggung, Bambang Sukarno.

Ia menuturkan renovasi pembuatan los pedagang kuliner di taman ini menelan biaya Rp2,6 miliar yang berasal dari APBD Kabupaten Temanggung 2017.

Pembangunan los/kios kuliner tersebut dilengkapi dengan sarana air bersih, tempat memcuci piring, dan MCK.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM, Kabupaten TemanggungRony Nurhastuti mengatakan kios kuliner yang dibangun di taman ini sebanyak 50 kios, sedangkan pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di Alun-Alun Temanggung sebanyak 110 pedagang.

"Guna mengatasi kekurangan jumlah kios tersebut nanti operasional para pedagang akan dibagi menjadi dua shif, yakni pedagang pagi dan pedagang sore," katanya.

Pedagang pagi beroperasi pukul 04.00-16.00 WIB, sedangkan yang sore hari pukul 16-4.00 WIB.

Ia mengatakan kawasan ini akan menjadi sentral pedagang kreatif Taman Pengayoman.

Bupati Temanggung, Bambang Sukarno mengatakan taman kuliner ini cukup representatif.

Ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, khususnya para pedagang kaki lima yang mau pindah dari Alun-Alun ke Taman Pengayoman.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018