Liverpool (ANTARA News) - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memuji pemain baru Virgil van Dijk yang menandai debutnya dengan mencetak gol kemenangan The Reds atas Everton dengan skor 2-1 di Piala FA, Jumat malam waktu setempat atau Sabtu pagi waktu Indonesia.

Kendati demikian, Klopp mengakui bahwa sebenarnya tidak berniat menurunkan Virgil van Dijk sejak awal pertandingan. Namun ia berubah pikiran pada Jumat (5/1) pagi sebelum pertandingan untuk menurunkan bekas pemain Southampton itu karena kelelahan yang dialami pemain lain.

"Itu adalah keputusan yang sulit dibuat, 100 persen jujur bahwa rencana pertama bukanlah untuk memainkannya malam ini tapi Dejan dan Raggy (Ragnar) telah bermain pada banyak laga dalam beberapa pekan terakhir, jadi saya berubah pikiran pagi ini," kata Klopp kepada situs resmi Liverpool seusai laga.

(Baca: Van Dijk antar Liverpool lewati Everton 2-1)


"Dan itu membantu! Mereka memiliki sedikit masalah otot, tapi bisa saja bermain dengan sedikit risiko yang lebih tinggi dari biasanya. Saya membuat keputusan pagi ini bahwa Virgil akan memulai dan jelas itu adalah ide bagus karena pada akhirnya keseluruhan permainan menjadi baik," katanya.

Bek tengah, Van Dijk, membuat penampilan pertamanya untuk The Reds dalam derby Merseyside di Anfield. Ia mencetak gol kemenangan Liverpool setelah menanduk umpan sepak pojok Alex Oxlade-Chamberlain saat laga tersisa lima menit.

Gol dari pemain asal Belanda itu terbukti cukup bagi pasukan Klopp untuk meraih kemenangan 2-1, setelah mereka unggul 1-0 berkat penalti James Milner yang disamakan Gylfi Sigurdsson pada pertengahan babak kedua.

"Dia menunjukkan banyak hal yang ingin dia tunjukkan di masa depan dengan sangat sering pada malam ini yaitu sundulan, kebijaksanaan dalam sepak bola, sentuhan pertama yang bagus, baik di bawah tekanan dan kemudian membuat sejumlah ancaman," kata pelatih asal Jerman itu.

"Sejujurnya, dia jauh lebih baik dari yang saya duga karena ini malam yang sulit, selalu sulit. Saya katakan sebelum pertandingan bahwa harapan saya mudah diwujudkan karena saya tahu betapa bagusnya dia dan saya hanya ingin dia menunjukkannya," pungkas Klopp.



Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018