Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan (Korsel) ingin menggelar diskusi mengenai kelanjutan reuni keluarga yang terpisah pada perundingan antar-Korea pekan ini, kata kepala delegasi Seoul pada Senin, saat Korea Utara (Korut) mendeklarasikan pentingnya mencapai reunifikasi.

Kedua Korea sepakat pekan lalu untuk menggelar dialog resmi pertama mereka dalam lebih dari dua tahun terakhir dan akan bertemu pada Selasa di desa gencatan senjata Panmunjom.

Perundingan tersebut sebagian besar akan befokus pada partisipasi Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Korea Selatan, namun kedua pihak juga diperkirakan akan mengangkat isu kepentingan mereka sendiri.

"Kami akan mempersiapkan diskusi tentang isu keluarga terpisah dan cara untuk meredakan ketegangan militer," kata Menteri Unifikasi Cho Myoung-Gyon kepada para reporter, lapor Yonhap News Agency sebagaimana dikutip AFP.

Karena Perang Korea 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata bukannya perjanjian damai resmi, kedua Korea masih dalam perang secara teknis. (mu)




Pewarta: Antara
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018