Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengingatkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat agar tidak memberikan ucapan apapun kepada pejabat yang isinya berbau politik di tengah suasana menjelang Pilkada 2018.

"Tidak etis ASN memberi ucapan selamat kepada hal-hal yang berbau politik, seperti terhadap seseorang yang telah mendapat rekom partai untuk maju menjadi calon pada Pilkada," kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Senin.

Sedangkan ASN harus menghindari tindakan dan sikap yang mengarah kepada dukungan salah satu bakal calon karena dapat diartikan sebagai bentuk keberpihakan.

"Kecuali ucapan selamat setelah dilantik, " ujar Rusidi menanggapi beberapa ASN setempat yang menghadiri syukuran selamat pada calon pemimpin formal setempat yang akan berlada di Pilkada Provinsi Riau.

Ia juga mengingatkan pejabat bersangkutan agar tidak memanfaatkan fasilitas negara untuk kepentingan politik, di antaranya rumah dinas.

Sebelumnya diberitakan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, syukuran di rumah dinasnya, di Jalan A Yani, Pekanbaru, setelah mendapat SK dukungan dari Partai Demokrat untuk maju di Pilkada Provinsi Riau.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018