Bekasi (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi, Jawa Barat, memperkirakan agenda Pilkada 2018 setempat akan diikuti oleh dua pasangan calon peserta atau kandidat.

"Berdasarkan perkembangan atmosfer politik belakangan ini, kemungkinan besar hanya ada dua pasangan kandidat yang berlaga di Pilkada nanti," kata Komisioner KPU Kota Bekasi Syafrudin, di Bekasi, Selasa.

Perkiraan itu didasari perhitungan alokasi kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi bahwa agenda Pilkada 2018 diprediksi akan diikuti maksimal empat pasangan kandidat.

Namun bila diukur dari intensitas komunikasi yang dibangun oleh sejumlah perwakilan pengurus Parpol kepada KPU, kata dia, diperkirakan hanya ada dua pasangan calon yang serius akan tampil di Pilkada.

Dua pasangan calon itu di antaranya kandidat petahana Rahmat Effendi dengan Tri Adhianto yang diusung koalisi besar Partai Golkar, PDIP, Nasdem, dan Demokrat serta kandidat lain hasil koalisi Gerindra-PKS.

Adapun partai-partai lain di luar itu masih menggodok sikapnya sebelum melabuhkan dukungan ke kubu lainnya.

Namun demikian, Syafrudin mengatakan pihaknya belum menerima satu pun pendaftaran pasangan kandidat Pilkada 2018 hingga hari kedua masa pendaftaran peserta, Selasa sore.

"Sepertinya para kandidat akan mendaftar di akhir-akhir masa pendaftaran pada Rabu (10/1) besok," katanya.

Menurut dia, pihaknya hingga kini belum menerima laporan perihal kandidat yang datang ke kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi di Jalan Ir H Djuanda Bekasi Timur untuk mengembalikan formulir sekaligus mendaftar.

Berdasarkan informasi awal yang diperoleh pihaknya, setidaknya ada dua tim kandidat yang sudah berkomunikasi dan menyampaikan rencana kedatangannya mengembalikan formulir pendaftaran pada Rabu besok.

"Satu di antaranya akan datang sore hari, sedangkan satu lagi akan tiba malam hari," ujarnya.

Pihaknya memperkenankan kedatangan pendaftar pada hari terakhir karena pendaftaran akan ditutup pukul 24.00 WIB.

Sebelum berakhirnya masa pendaftaran, kata dia, komisioner KPU Kota Bekasi akan menanti di kantor sekretariat.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018