Banjir dan longsor landa Kecamatan Simpenan Sukabumi

Banjir dan longsor landa Kecamatan Simpenan Sukabumi

Dokumentasi Seorang warga berada didalam rumah yang rusak, terimbas longsor di kawasan Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Padang, Sumbar, Minggu (16/9/2012). (ANTARA/Arif Pribadi) ()

Sukabumi (ANTARA News) - Banjir dan tanah longsor melanda lima titik di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hingga menutup jalan penghubung antardesa dan merusak dua rumah.

"Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Simpenan sejak Selasa, (9/1) malam hingga Rabu, (10/1) menjadi penyebabnya," kata Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yana Suryana di Sukabumi, Rabu.

Wilayah yang terdampak adalah Kampung Ciseupan, RT 01/13, Desa Cidadap, Kampung Bababakanwareng, RT 02/13, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kampung Cikadaka, RT 03/14, Desa Cidadap. Kemudian, Kampung Cibarengkok, RT 01/15, Desa Cidadap dan Kampung Babakanbaru, RT 04/14, Desa Cidadap.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun akses jalan penghubung antardesa tertutup lumpur dan tanah. Tim gabungan dari unsur BPBD, relawan, TNI, Polri yang dibantu masyarakat saat ini masih membersihkan material lumpur yang menutupi jalan tersebut agar bisa dilalui kendaraan bermotor.

"Untuk bantuan sudah kami salurkan kepada warga yang rumahnya terdampak bencana tersebut. Kami juga mengimbau agar selalu waspada karena potensi bencana masih cukup tinggi," tambahnya.

Yana mengatakan di awal 2018 ini prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hujan akan turun di mayoritas wilayah di Kabupaten Sukabumi.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar