Haruka eks-JKT48 ajak anak muda Indonesia-Jepang bersahabat

Haruka eks-JKT48 ajak anak muda Indonesia-Jepang bersahabat

Duta Persahabatan untuk 60 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang, Haruka Nakagawa, yang juga mantan personel grup idola JKT48. (instagram.com/haruuuu_chan)

Jakarta (ANTARA News) - Mantan personel grup idola JKT48, Haruka Nakagawa, mengajak para pemuda Indonesia dan Jepang untuk meningkatkan persahabatan kedua negara.




Haruka yang saat ini ditunjuk sebagai Duta Persahabatan untuk 60 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang juga bertekad untuk melakukan pendekatan kepada anak-anak zaman sekarang untuk memperkuat hubungan persahabatan kedua negara.




"Menurut aku (anak-anak) zaman sekarang juga harus bantu biar Jepang dan Indonesia bisa tetap bersahabat," ujarnya saat mengunjungi stan Direktorat Jenderal Asia, Pasifik dan Afrika dalam acara Pameran Tiga Tahun Pencapaian Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Rabu.




"Mungkin karena 60 tahun panjang banget, tapi kan bukan kita yang lakukan, tapi orang tua kita. Nah aku pengennya gantian. Anak zaman sekarang bantu biar Jepang dan Indonesia bisa terus bersahabat," ujarnya.




Haruka menuturkan hubungan persahabatan dapat diperkuat salah satunya dengan pertukaran pelajar misalnya pelajar Indonesia belajar di Jepang dan sebaliknya.




Jepang merupakan mitra strategis dan mitra ekonomi terbesar bagi Indonesia. Investasi Jepang di Indonesia meningkat hampir dua kali lipat di 2016, dari 2,87 miliar dolar AS pada 2015 menjadi 5,4 miliar dolar AS pada 2016.




Jepang juga merupakan salah satu penyumbang wisatawan terbesar bagi Indonesia, dengan kunjungan 513.297 turis Jepang ke Indonesia pada 2016.




Negeri sakura menjadi salah satu negara mitra dialog Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA) dan turut hadir dalam IORA Summit 2017.

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar