Jakarta (ANTARA News) - Kopi dan perangkat elektronik, baik itu handphone maupun laptop, menjadi pemandangan yang lazim ditemui di kafe.


Maraca Books and Coffee di Bogor memberikan alternatif dengan menyediakan buku-buku yang bisa menemani pengunjung bersantai sembari menyesap minuman favorit mereka.


Begitu memasuki kafe yang bernuansa industrial, mata langsung terarah pada rak-rak yang berjajar di salah satu sisi dinding.


Buku-buku dengan variasi genre bisa ditemui di sini. Ada komik "Sailor Moon", "Detektif Conan" buku fiksi seperti "Twilight", "Perahu Kertas", "Dilan" hingga buku panduan wisata. Semuanya bisa dibaca secara cuma-cuma selama berada di kafe. Anda bisa duduk di area indoor yang sejuk berkat pendingin udara, atau di area outdoor yang dihiasi dinding penuh mural.

Cubepresso Soya di Maraca Books and Coffee, Bogor (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Konsep kafe kopi dan buku ini sejalan dengan alasan penamaan "Maraca", diambil dari bahasa sunda yang artinya "membaca bersama-sama".


"Katanya minat baca Indonesia rendah, tapi kalau ke toko buku kita bisa lihat ada banyak yang 'ngemper'. Jadi bukan minat baca rendah, tapi buku tidak dianggap sebagai investasi untuk dibeli," kata Risya, pemilik Maraca Books and Coffee.


"Kami punya banyak buku, biarlah mereka bisa baca buku gratis," lanjutnya.


Seluruh buku yang tersedia di dalam kafe ini merupakan koleksi pribadinya. Pada Januari, ada promosi khusus di mana pengunjung bisa membawa buku bekas untuk ditukar dengan minuman, kecuali cold brew.


Selain menu standar kopi, ada beberapa pilihan menarik seperti Covfefe yang merupakan campuran espresso dengan air kelapa. Anda juga bisa menikmati Cubepresso Soya, espresso yang dijadikan es batu, kemudian dicampur dengan segelas kopi kedelai.

Piye Bro (pie brownis) di Maraca Books and Coffee, Bogor (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Biji-biji kopi yang diracik jadi minuman di kafe ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.


"Andalannya manual brew," kata dia.


Menu di Maraca tak terbatas pada kopi. Ada juga minuman nonkopi seperti teh, cokelat, susu, es mangga hingga wedang uwuh.


Camilan di kafe yang dindingnya dihiasi mural itu terdiri dari makanan Barat seperti spicy wings, cheese cake, little kebab, lasagna lava cake dan muffin. Kalau rindu dengan camilan khas Indonesia, Anda bisa memesan pisang goreng, singkong goreng atau bakwan. Maraca juga menyediakan makanan yang lebih mengenyangkan seperti pasta dan nasi panggang.


Kafe ini terletak di Jl. Jalak Harupat No. 9A, Bogor dan mulai beroperasi pukul 09.00 hingga 22.00.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018