Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Henri Kasyfi Soemartono mulai 1 Januari 2018 ditunjuk menjadi anggota The Number Resource Organization Number Council (NRO).

"Dengan penunjukkan ini, Indonesia dapat ikut berkontribusi langsung terhadap `global policy`," kata Henri dalam keterangannya, Rabu.

NRO sendiri merupakan lembaga koordinasi yang memayungi lima Regional Internet Registries (RIR) di dunia yakni AFRINIC untuk kawasan Afrika, ARIN (Amerika Utara), LACNIC (Amerika Selatan), RIPE NCC (Eropa), dan APNIC (Asia Pasifik).

APJII menyatakan penunjukan Henri sebagai bagian dari NRO Number Council memberikan angin segar bagi dunia Internet di Tanah Air.

Sebagaimana diketahui, Dewan ini beranggotakan 15 orang dari kelima RIR yang bertanggung jawab membantu merumuskan kebijakan internet global.

NRO Number Council juga akan berkoordinasi dan memberikan masukan kepada The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) melalui The Address Supporting Organization (ASO).

Menduduki jabatan strategis sebagai NRO Number Council dinilai merupakan kesempatan langka. Setiap RIR mendapatkan jatah 3 orang untuk menduduki posisi tersebut.

Adapun di APNIC, dua orang di antaranya dipilih secara demokratis oleh komunitas internet se-Asia Pasifik dengan durasi jabatan dua tahun.

Sementara itu, Dewan Eksekutif APNIC juga berhak mengusulkan satu nama untuk menjadi bagian dari NRO Number Council dengan masa bakti satu tahun. Henri mendapatkan kepercayaan penting tersebut setelah ditunjuk langsung oleh Dewan Eksekutif APNIC.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018