London (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata RI menggandeng industri pariwisata dalam upaya menjaring wisatawan Belanda di Vakantiebeurs 2018, yang diadakan di Jaarbeurs, Utrecht, Belanda dari tanggal 9 hingga 14 Januari mendatang.

Sejumlah industri pariwisata yang terlibat antara lain 11 agen travel/tur operator, hotel, maskapai Garuda Indonesia, perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku, serta barista dan tim kesenian.

Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 140 meter persegi menampilkan berbagai kegiatan, antara lain media workshop, pertemuan binis,, B to C, pelayanan informasi pariwisata, coffee dan mixologist corner, pertunjukan kesenian serta awareness campaign, demikian Minister Counsellor Pensosbud KBRI Denhaag, Renata Siagian kepada Antara London, Kamis.

"Untuk tampil all out, Indonesia menampilkan objek pariwisata baru dari berbagai provinsi di Indonesia untuk menjadi destinasi wisata favorit baru bagi publik Belanda maupun Eropa," kata Renata.

Selain Kementerian Pariwisata, perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Maluku juga mempromosikan destinasi pariwisata baru Indonesia di wilayah tersebut yang menampilkan Indonesia sebagai tujuan wisata yang tidak hanya unik dan menarik, tapi juga memiliki pangsa pasar yang menjanjikan.

Vakantiebeurs 2018 diawali dengan jamuan makan pagi bersama oleh Walikota Utrecht, Jan van Zanen, dengan mengundang Dubes dari negara peserta.

Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, yang turut hadir juga melakukan peninjauan ke Paviliun Indonesia yang berlokasi di Hall 4.

Vakantiebeurs merupakan ajang promosi dan pameran pariwisata tahunan yang diadakan Jaarbeurs, Vakantiebeurs, bekerjasama dengan VIV Europe dan City of Utrecht yang menampilkan berbagai produk dan objek wisata dari berbagai negara.

Pameran ini merupakan salah satu pameran pariwisata paling bergengsi di dunia dan terbesar di kawasan Benelux dimana para pengunjung dapat memperoleh informasi terbaru mengenai tren travel saat ini, destinasi liburan terbaru, dan tips-tips saat mengunjungi destinasi favorit. Vakantiebuers 2018 diliput sekitar 100 media dari berbagai negara dan travel bloggers.

Partisipasi Indonesia diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), termasuk wisatawan dari Belanda, agar target 20 juta wisman pada tahun 2019 dapat tercapai. Penyelenggaraan Vakantiebeurs tahun ini diharapkan mengulang kesuksesan pameran tahun 2017 yang dihadiri sekitar 110 ribu pengunjung.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018