Medan (ANTARA News) - Pemerintah menargetkan pembangunan jalan Tol Medan-Tebing Tinggi, Sumatera Utara, rampung Oktober 2018, sebagai bagian untuk mendukung pariwisata Danau Toba.

"Laporan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Paul Ames Haloman menyebutkan untuk ruas tol seksi satu Sei Rampah-Tebing Tinggi sudah bisa dioperasikan pada April sehingga secara keseluruhan rampung Oktober," ujar Wakil Gubernur Sumut Hj Nurhajizah Marpaung di Medan, Rabu.

Mengutip pernyataan Paul, Nurhajizah menyebutkan, saat ini proses pembangunan seksi 1 (Tanjung Morawa) dan seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) telah berjalan.

"Dengan selesainya Tol Medan-Tebing Tinggi diharapkan bisa mendorong kunjungan wisatawan ke Danau Toba," katanya usai mengikuti Rapat Koordinasi Pembahasan Perkembangan Pengelolaan Kawasan Wisata Andalan Sumut di Laguboti, Toba Samosir..

Selain Tol Medan-Tebing Tinggi, kata dia, penyelesaian juga diharapkan juga terjadi pada Tol Medan-Binjai.

"Untuk Medan-Binjai, pembebasan lahan yang masih terkendala sebagian diharapkan bisa rampung Februari 2018," katanya.

Nurhajizah mengatakan, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan sendiri sudah menegaskan agar pemerintah kabupaten se-kawasan Danau Toba serius dalam upaya memajukan pariwisata Danau Toba.

Pemerintah kabupaten diminta melakukan sistem jemput bola terhadap apa saja yang diperlukan dalam pengembangan kawasan wisata Danau Toba itu.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018