Jakarta (ANTARA News) - James Franco mendapat penghargaan aktor terbaik pada Critics' Choice Awards berkat perannya dalam "The Disaster Artist", tapi aktor yang baru-baru ini dituduh melakukan beberapa pelecehan seksual tidak menghadiri seremoni penghargaan.

"James tidak bisa datang, jadi kami mewakilinya," kata presenter Walter Goggins di panggung setelah Franco diumumkan menang. Penghargaan itu diserahkan saat Critics' Choice Awards ditayangkan secara online, yang tayang sebelum acara itu ditayangkan langsung di televisi.

Franco baru-baru ini dikritik atas pelecehan seksual menyusul penampilannya pada Golden Globe Awards.

Pada acara itu, Franco yang meraih penghargaan aktor terbaik memakai pin Time's Up sebagai bentuk dukungan untuk melawan pelecehan seksual di tempat kerja dan mempromosikan persamaan gender.

Setelah diumumkan menang, beberapa perempuan mencuitkan tuduhan pelecehan seksual yang pernah dilakukan Franco selama ini.

Franco (39) dimintai komentar atas tuduhan itu saat tampil dalam "The Late Show" Stephen Colbert, Selasa waktu AS lalu. 

"Hal yang saya dengar ada di Twitter tidak akurat tapi saya betul-betul mendukung orang yang berani mengungkapkan soal pelecehan seksual karena mereka sulit mengatakan hal seperti itu untuk waktu lama," kata Franco kepada Colbert.

"Jadi jika saya telah melakukan hal yang salah, saya akan memperbaiknya. Harus," katanya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Penyelenggara Critics' Choice Awards tidak memberi penjelasan atas alasan absennya Franco dan mengatakan sebagian dari acara itu memang sengaja tayang secara online.

Perwakilan Franco juga belum berkomentar soal absennya sang aktor, tutup USA Today.





Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018