Las Vegas (ANTARA News) - Yamaha memperkenalkan purwa rupa motor robot tanpa pengendara bertenaga listrik yang dinamai "Motoroid" yang bisa berinteraksi dengan manusia, pada pameran Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas, pekan ini.

Menggunakan lambaian tangan, Kinji Asamura pimpinan proyek Yamaha Motor Innovation Center, memanggil motor tanpa pengendara itu ke hadapan pengunjung di anjungan Yamaha.

Konsep motor listrik Motoroid itu kemudian berdiri dalam posisi seimbang dan tidak bergerak dari posisinya kendati Asamura mencoba mendorongnya.

Motor menyerupai robot yang cocok ditampilkan pada film laga futuristik itu melewati produksi model Yamaha Super-Bike yang mampu melaju hingga 200 kilometer per jam di sebuah trek uji.

"Sepeda motor adalah masa lalu, dan Motoroid adalah masa depan," kata juru bicara Yamaha John Boreland kepada AFP, Kamis (11/1) waktu setempat.

"Tujuannya adalah melihat pelajaran apa yang bisa dipelajari untuk menghubungkan mesin dengan manusia secara lebih efektif," kata John Boreland.

Sebelumnya, Yamaha telah memiliki motor robot "Motobot" yang mampu melaju kencang namun hanya mengandalkan rute perjalanan yang sudah diprogramkan, menurut Yamaha.

Pelajaran yang didapatkan Yamaha dari model penelitian itu menemukan bahwa "manusia bereaksi jauh lebih cepat," menurut Boreland,

Motoroid memiliki fitur otonom antara lain mampu menjaga keseimbangan dengan sendirinya, mengenali pengendara, dan bisa dipanggil menggunakan gelombang.

Sayap di bagian belakang tempat duduk Motoroid dirancang dengan bantuan psikolog untuk memijat punggung pengendara guna memberikan ketenangan dan meredam emosi, guna menghindari potensi bahaya saat pengendara melaju dalam kecepatan tinggi, ucap Boreland.

Di sisi lain, Boreland menjelaskan bahwa motor robot itu tidak dijual di pasaran.

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018