Perempuan Saudi pertama kali langsung tonton pertandingan sepak bola

Perempuan Saudi pertama kali langsung tonton pertandingan sepak bola

Dokumen foto perempuan mengemudi di Arab Saudi yang diizinkan kerajaan negeri itu sejak medio 2017, dan mulai diperkenankan menonton secara langsung pertandingan sepak bola bersama keluarganya, Jumat (12/1/2017). (AFP)

Riyadh (ANTARA News) - Sejumlah perempuan Arab Saudi pada Jumat (12/1) membuat sejarah baru dengan menonton pertandingan liga profesional sepak bola secara langsung di Jeddah, yang selama berpuluh-puluh tahun ini hanya diperbolehkan bagi laki-laki.

Pemerintah Saudi telah memperbolehkan para perempuan secara langsung untuk menonton pertandingan bersama anggota keluarga mereka di stadion King Abdullah Sports City, demikian laporan media pemberitaan Al Arabiya, yang dikutip kantor berita Xinhua China.

Izin itu dikeluarkan setelah Kerajaan Arab Saudi juga memutuskan untuk memperbolehkan perempuan mengemudikan kendaraan mulai pertangahan tahun lalu, dan mengizinkan bioskop-bioskop untuk beroperasi.

Guna mempersiapkan perubahan, kerajaan tersebut telah menetapkan "bagian keluarga" di tribun untuk para perempuan. Stadion-stadion juga telah dilengkapi dengan toilet-toilet, pintu masuk terpisah dan lapangan parkir untuk perempuan penonton.

Pada Sabtu ini stadion nasional di ibu kota negara itu, Riyadh, akan membuka pintu gerbang bagi para perempuan untuk menonton pertandingan sepak bola.

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar