Bandung (ANTARA News) - PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Aerocity Development bekerjasama dengan PT Wijaya Karya (Wika) Tbk mengembangkan kawasan Aero City, yakni kawadan Logistic Hub di bandara Kertajati yang terletak di Kecamatan Majalengka, Jawa Barat.

Nota kesepahaman kerja sama itu ditandatangani oleh Direktur PT BIJB AD Alfiansyah dan Direktur Operasional II Wika Destiawan Soewardjono yang disaksikan para komisaris.

"Dengan adanya penandatanganan ini kami mempunyai optimisme yang tinggi bahwa dengan adanya kerja sama dengan Wika pengembangan aerocity ke depannya akan lebih mudah," kata Alfiansyah.

Kertajati Aerocity yang akan mengusung konsep kawasan aerotropolis ke depannya diprediksi akan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat, khususnya di kawasan utara dan timur Jawa Barat.

Kedudukan Aerocity berada dua kilometer dari area bandara. Dengan luas mencapai 3.480 hektare atau dua kali lipat dari luas bandara, kawasan khusus ini akan terbagi ke dalam enam klaster.

Klaster tersebut yakni Aerospace Park, Logistic Hub, Creative Technology Center, Business Park, Energy Center dan Residential Area. BIJB AD bersama WIKA yang berpengalaman dibidang infrastruktur dan pembangunan nantinya akan mengembangkan cluster Logisic Hub yang akan menjadi pusat logistik baru di Indonesia.

"WIKA merupakan mitra strategis kami khususnya untuk pengembangan klaster Logistic Hub. Dengan keahlian serta pengalaman yang dimiliki WIKA ini akan dengan mudah mengembangkan kawasan aerocity," kata Alfi.

Sementara itu Direktur BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, kerja sama antara BIJB AD dengan WIKA ini akan menjadi akselerasi tumbuhnya kawasan baru dalam pengembangan bisnis untuk jangka panjang.

Ia mengatakan dengan hadirnya sejumlah mitra dalam pengembangan aerocity harapannya bisa selaras dalam mendukung kebutuhan penunjang beroperasinya Bandara Kertajati pada pertengahan 2018 ini.

"Kami sangat mendukung kerja sama ini karena aerocity ini memang merupakan pengembangan yang membutuhkan banyak mitra. Dengan kerja sama ini kita berharap aerocity di Kertajati bisa benar-benar menjadi mesin yang mengakselerasi perekomonian daerah, yang mana ini sangat relevan dengan hadirnya Bandara Kertajatii yang akan kita soft launching April dan beroperasi penuh Juni 2018," ujar Virda yang juga komisaris dari BIJB AD ini.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018