Srinagar (ANTARA News) - Sedikitnya sembilan orang termasuk empat tentara Pakistan tewas dalam pertempuran di Kashmir yang disengketakan pada Senin (15/01), kata India dan Pakistan.

Tentara Pakistan mengatakan bahwa empat tentaranya dan tiga tentara India tewas dalam baku tembak di perbatasan de facto yang ketat yang dikenal sebagai Line of Control (LoC).

India membantah bahwa tentaranya tewas, tetapi mengatakan bahwa tentaranya telah membunuh lima "militan" yang berusaha menyeberangi LoC dalam sebuah insiden terpisah di Uri, 100 kilometer barat laut kota utama Srinagar.

India sering menuding Pakistan mengirim militan ke seberang LoC untuk melancarkan serangan terhadap tentaranya di Kashmir, yang terbagi antara dua negara bertetangga itu sejak pemisahan pada 1947.

"Pada malam hari sekelompok militan yang menyusup dihadapi oleh tentara, memicu terjadinya baku tembak sengit yang menewaskan lima militan," kata inspektur polisi Imtiyaz Hussain kepada AFP.

Hussain mengatakan bahwa militan tersebut tampaknya berasal dari Jaish-e-Mohammad (JeM), satu kelompok militan yang berbasis di Pakistan yang menurut polisi baru-baru ini meningkatkan aktivitasnya di wilayah bergolak tersebut.

Kelompok itu sering menjadi tertuduh atas serangkaian serangan di Kashmir India dalam beberapa pekan terakhir termasuk sebuah serangan di Malam Tahun Baru yang menewaskan empat tentara paramiliter.

(hs) 

Pewarta: Antara
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018