Jakarta (ANTARA News) - Analisis dari Counterpoint Research mengemukakan Oppo R9s sebagai ponsel paling laris di China, mengungguli iPhone 7 Plus dan Vivo X9.

Berdasarkan riset mereka, seperti diberitakan laman GSM Arena, Oppo R9s memimpin di pasar sebanyak 3 persen, diikuti iPhone 7 Plus 2,8 persen dan Vivo X9 2,7 persen.

Oppo, menurut lembaga tersebut, menuai sukses di sana berkat fokus memperkenalkan diri sebagai "pakar swafoto" serta gencar di pemasaran online maupun offline di toko.

Dilihat dari 10 besar ponsel terlaris di sana, kelas menengah merupakan segmen yang paling populer di China. Mayoritas merk ponsel yang laris di negara itu buatan lokal, pengecualian untuk iPhone.

Ponsel Oppo di negara tersebut dijual di kisaran harga 200-450 dolar. Selain itu, mereka gemar membuat edisi terbatas untuk beberapa model ponsel.

Sementara itu, bagi iPhone, kehadiran model baru 8, 8 Plus dan X berarti harga iPhone 7 dan 7 Plus mendapat potongan harga 16 persen sehingga lebih diminati konsumen.

Tiga model dari Oppo masuk ke dalam 10 besar ponsel terlaris di sana, yaitu R9s, A57 dan R11, sementara Apple menumbang iPhone 7 dan 7 Plus ke daftar tersebut.

Vivo memiliki dua ponsel dalam daftar, yaitu X9 dan Y66. Xiaomi hanya masuk daftar untuk Redmi Note 4X. Dua posisi lainnya diisi oleh Honor untuk 8 lite dan Enjoy 6X.



Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018