Wapres Kalla harap DPR lebih produktif dipimpin Bambang Soesatyo

Wapres Kalla harap DPR lebih produktif dipimpin Bambang Soesatyo

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lebih produktif di bawah pimpinan Bambang Soesatyo.

"Supaya menjadikan DPR lebih produk, katakanlah undang-undang itu jangan setahun hanya enam, sehingga DPR itu lebih betul-betul menjadi badan legislatif yang baik. Tugas Bambang Soesatyo itu," kata Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa.

JK juga berharap Bambang Soesatyo dapat memimpin DPR lebih baik supaya masyarakat dapat meletakkan kepercayaannya kepada dewan perwakilan tersebut.

"Mengelola DPR itu sehingga DPR dapat dipercaya oleh masyarakat, meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada DPR, juga mengefisienkan anggaran," lanjut Kalla.

Bambang Soesatyo ditunjuk sebagai ketua DPR yang baru menggantikan Setya Novanto sebagai. Pada pelantikannya Senin (15/1), Bambang mengatakan dirinya akan memperkuat tiga fungsi DPR dalam kepemimpinannya, yakni fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran.

"Dalam waktu sisa yang tidak terlalu lama, saya juga akan berupaya memperkuat fungsi dasar DPR RI, yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran," kata Bambang saat memberikan pidato pertamanya di Rapat Paripurna DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan ketiga fungsi itu harus berjalan seiring dan saling mendukung, termasuk penguatan terhadap tugas, fungsi dan kewenangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Menurut dia, MKD sebagai benteng kehormatan tidak saja kepada para anggota, tetapi juga kepada DPR sebagai institusi lembaga negara.

"Sebagai bagian dari pimpinan DPR, panduan kami dalam mengoordinasikan kerja-kerja politik dari alat kelengkapan Dewan adalah amanat konstitusi," ujarnya.

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar