Kami ingin BTP menjadi Silicon Valley-nya Indonesia."
Bandung (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ingin pusat inovasi dan teknologi Bandung Techno Park (BTP) menjadi seperti rumah bagi perusahaan teknologi dan usaha rintisan global di San Francisco, Amerika Serikat (AS), yakni Silicon Valley versi Indonesia.

"Kami ingin BTP menjadi Silicon Valley-nya Indonesia," ujarnya di Bandung, Selasa.

Selain itu, ia mengemukakan, ada juga Makasar Technopark, Denpasar (TohpaTI Center), Semarang (Incubator Business Center Semarang), Rumah Software Indonesia, dan Batam (Pusat Desain Ponsel).

Airlangga ingin agar terbentuk ekosistem berbasis Teknologi Informasi yang kuat di Indonesia, sehingga mampu melahirkan pengusaha-pengusaha baru dengan rintisan usaha yang bervariasi.

Oleh karena itu, menurut dia, Kemenperin berupaya memperkuat dan mendorong keberadaan BTP menjadi teladan (role model) bagi pengembangan lokasi sejenis lainnya di Tanah Air.

"Kami juga mengharapkan selain dapat menjadi role model techno park di Tanah Air, BTP dapat menjadi ikon, tidak hanya bagi kota Bandung tetapi juga bagi Provinsi Jawa Barat, bahkan menjadi ikon nasional bagi pengembangan industri teknologi informasi dan komunikasi," katanya.

BTP juga dapat menjadi klaster industri sehingga berbagai perusahaan multinasional di bidang elektronika dan telematika dapat bergabung untuk membentuk satu kawasan ekosistem inovasinya, demikian Airlangga Hartarto.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018