Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin berjanji segera memperbaiki jalan rusak di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur karena saat ini dananya sudah dianggarkan Rp105 miliar.

Perbaikan jalan itu sudah masuk tahap tender dan secepatnya dikerjakan, kata gubernur saat menghadiri HUT ke- 14 Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur di Martapura, Rabu.

Menurut dia, jadi jalan provinsi yang mengalami kerusakan termasuk kabupaten penyangga beras ini segera diperbaiki supaya nyaman dilalui.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga jalan harus lancar dilalui dalam arti tidak ada yang rusak, kata dia.

Pihaknya juga telah memerintahkan Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel untuk memperbaiki semua jalan yang mengalami kerusakan termasuk di kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, kata gubernur.

Jadi sebelum pesta olahraga internasional beberapa bulan lagi diharapakan jalan sudah selesai diperbaiki, kata dia.

Dia mengatakan, memang pentingnya Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games 2018 karena melalui kegiatan tersebut sederet pembangaunan di Sumsel terus berkembang.

Khusus untuk Kabupaten pemekaran Ogan Komering Ulu ini, kata gubernur, cukup membagakan karena meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 tahun berturut-turut.

Selain itu Ogan Komering Ulu Timur juga menghasilkan 500.000 ton beras per tahun dan menyumbang capaian surplus beras Provinsi Sumsel 2.5 ton pertahun, kata gubernur.

Sementara Bupati Ogan Komering Ulu Timur HM Kholid Mawardi mengatakan, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang telah bersama-sama menjaga kondisi kondusif di kabupaten tersebut.

Dengan adanya keamanan maka dapat meningkatkan kebersamaan serta meningkatkan kerja keras, efektifitas dan kerja cerdas.

Apalagi kabupatennya tidak hanya mengandalkan APBD tetapi juga melalui ekonomi gotong royong dari masyarakat OKU Timur, ujar bupati.

Dia mengatakan, bahkan pertumbuhan ekonomi Ogan Komering Ulu Timur mencapai 6,82 persen di atas rata-rata nasional.

Angka kemiskinan nomor 3 terendah di Sumsel dan daerah ini sebagai lumbung tani di Sumsel sehingga mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat yaitu Abdi Bakti Tani berupa Pin Mas, tambah dia.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018