Makassar (ANTARA News) - Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts mengatakan keterlibatan Tim "Juku Eja" pada turnamen pramusim Piala Presiden 2018 hanya menjalankan kewajiban dan bukan menjadi fokus utama untuk dimenangkan.

Robert Rene Alberts di Makassar, Kamis, mengatakan dengan kondisi seperti itu maka timnya sama sekali tidak merasa khawatir jika harus tersingkir khususnya setelah kalah pada laga perdana menghadapi PSMS Medan dengan skor 2-1.

"Sekali lagi, turnamen Presiden Cup tidak pernah ada dalam rencana (pra-musim) kita. Jadi kita berpartisipasi karena itikad baik dan memang karena sebuah kewajiban," katanya.

Ia menjelaskan, persiapan akan lambat berkembang khususnya pada masa pra-musim jika langsung berkompetisi secara kompetifif di Piala Presiden.

Pelatih asal Belanda itu mengisahkan, pada pelaksanaan Piala Presiden 2017, yang masuk tiga tim teratas itu masing-masing Arema, Pusamania Borneo FC (PBFC) dan Semen Padang.

Namun kondisi itu justru berbanding terbalik dengan pencapaian ketiga tim itu saat tampil di kompetisi resmi Liga 1. PBFC dan Arema harus puas berada di papan tengah sementara Semen Padang justru harus menelan pil pahit setelah terdegradasi dari kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut.

Sebaliknya kondisi berbeda didapatkan tiga tim yakni PSM Makassar, Bhayangkara FC dan Bali United.

Menurut dia, ketiga tim itu memang sudah tersingkir pada babak awal Piala Presiden 2017 namun justru mampu menempati peringkat tiga teratas di akhir klasemen Liga 1. Ini, kata dia, tentu tidak lepas dari komitmen tim untuk lebih fokus mempersiapkan diri sebelum tampil di ajang sesungguhnya.

"Jadi yang saya tanyakan, yang mana paling penting Liga atau Piala Presiden. Tim yang bagus persiapannya sampai akhir liga dan telah mempergunakan waktu persiapan lebih maksimal maka tentu hasilnya juga lebih baik," ujarnya.

Robert Rene Alberts memang telah mengisyaratkan menurunkan tim lapis kedua menghadapi Sriwijaya FC pada laga kedua turnamen Piala Presiden Grup A di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Untuk pertandingan menghadapi PSMS Medan, kita tampil dengan skuat terbaik. Namun untuk pertandingan selanjutnya (menghadapi Sriwijaya FC), nanti baru kita putuskan," sebutnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018