Hanoi (ANTARA News) - Ketua DPD RI Oesman Sapta bertemu dengan Ketua Parlemen Vietnam Nguyen Thi Kim Ngan membahas sejumlah isu terkait hubungan Indonesia dan negara itu.

Oesman Sapta kepada Antara di Hanoi, Kamis, mengatakan, secara mendasar hubungan antara Indonesia dan Vietnam sudah memiliki fondasi yang kuat, dengan pertemuan-pertemuan khusus maka banyak hal yang dapat dibahas dan dikembangkan.

Terkait dengan perkembangan di Vietnam, Oesman Sapta melihat sisi positif yang bisa dicontoh oleh Indonesia adalah bagaimana pembangunan di daerah bisa merata.

"Ini yang akan menjadi masukan DPD kepada pemerintah nanti," kata Ketua DPD.

Ia menambahkan pertemuan berlangsung dalam situasi yang kondusif dan bersahabat.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi mengatakan Ketua Parlemen Vietnam menyampaikan juga beberapa hal kepada Ketua DPD RI termasuk mengenai permasalahan hukum nelayan Vietnam diperairan Indonesia.

Dubes Ibnu Hadi mengatakan ketua parlemen meminta agar nelayan yang tertangkap kapalnya tidak ditenggelamkan.

Menanggapi hal itu, kata Ibnu, Ketua DPD RI mengatakan akan menyampaikan masukan itu kepada pihak terkait.

Sementara terkait perbatasan wilayah kedua negara, menurut Ibnu, Vietnam sepakat dengan Indonesia terkait landas kontinen, namun masih dibicarakan terkait zona ekonomi eksklusif.

Dalam kunjungannya ke Vietnam, selain menghadiri sidang parlemen se-Asia Pasifik, Ketua DPD RI juga melakukan pertemuan dengan Presiden Vietnam dan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam di Hanoi.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018