Jakarta (ANTARA News) - Dua atlet tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie melaju ke putaran perempat final turnamen bulu tangkis Malaysia Masters 2018.

Dalam data yang ditulis di laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Kamis, hal itu dipastikan selepas Ginting dan Jonatan memperoleh hasil positif di putaran dua turnamen yang dihelat di Axiata Arena, Bukit Jalil, Malaysia.

Ginting memperoleh kemenangan dari pemain muda asal Denmark, Anders Antonsen, dalam pertarungan alot selama 40 menit yang berakhir dengan kedudukan 21-14, 21-14.

Alotnya pertarungan sudah terasa sejak gim pertama dimulai. bermain ketat di awal laga, Ginting mampu mencetak lima angka tanpa balas menjadikan kedudukan 7-2 untuknya.

Wakil Indonesia tetap mendominasi jalannya laga di gim awal ini. Namun Antonsen tidak tinggal diam, dia coba mengejar poin Ginting dan mampu memperkecil defisit poin hanya dua angka 9-11.

Akan tetapi, usahanya tersebut tidak cukup untuk menjegal Ginting mengamankan kemenangan di gim pembuka.

Memasuki gim kedua, pertarungan alot kembali terjadi sejak awal laga. Namun lagi-lagi setelah, pertarungan ketat di awal laga, Ginting terus mendominasi pertandingan tanpa sekalipun bisa disusul atau bahkan didekati oleh Antonsen yang harus rela menyerahkan kemenangan bagi Ginting.

Adapun Jonatan, memperoleh hasil positif dengan membalikkan keadaan setelah kalah di gim pertama atas wakil Malaysia, Lee Zii Jia, 19-21, 21-14, 21-15.

Selepas bermain ketat di awal gim pembuka, wakil Negeri Jiran terus mendominasi jalannya laga. Jonatan yang berusaha keras mengejar ketertinggalan hanya bisa memperpendek jarak 14-15 dan 19-20, namun tak bisa menghentikan gim pembuka ini jadi milik Lee.

Hasil minor di gim pembuka, ternyata menjadi pelecut semangat Jonatan untuk lebih baik di gim kedua. Terbukti, sejak awal laga dia terus memimpin perolehan poin tanpa sekalipun terkejar hingga berhasil memaksakan dilaksanakannya gim penentu.

Seperti diterpa badai hebat akibat kekalahan gim kedua, Lee tidak mampu bangkit lagi di gim pamungkas. Dia kembali tertinggal sejak awal laga dan tidak mampu sekalipun menyusul perolehan poin Jonatan yang akhirnya mengamankan tiket perempat final turnamen Level 4 (Super 500) ini.

Sayangnya langkah apik dua tunggal putra Indonesia ini, tidak terjadi pada kompatriot mereka, Ihsan Maulana Mustofa, yang dipaksa menghentikan langkahnya di putaran dua setelah mengalami kekalahan dari Suppanyu Avihingsanon (Thailand) 21-7, 19-21, 19-21.

Di putaran perempat final kejuaraan berhadiah total 350 ribu dolar AS ini, Ginting akan kembali menghadapi wakil dari Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinghus. Sementara itu Jonatan, akan menghadapi ujian berat dengan menantang wakil Denmark lainnya, yang merupakan unggulan satu turnamen, Viktor Axelsen.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018