• Flagship dinamis untuk memperluas line-up Datsun di segmen baru;
• Dilengkapi CVT untuk akselerasi yang halus;
• Dikembangkan secara khusus untuk pasar Indonesia, memiliki ground clearance yang tinggi; body cladding yang gagah dan penuh gaya; serta vehicle dynamic control (VDC) sebagai standar;
• Body lincah dengan mesin 1,2 liter yang bertenaga
 
JAKARTA (Antara News) – Datsun melakukan World Premiere mobil compact cross-over serbaguna, Datsun CROSS, di Jakarta. Dengan desain stylish, teknologi dan fitur keselamatan yang canggih, Datsun CROSS menjadi awal baru perjalanan Datsun di Indonesia.

Datsun CROSS yang dirancang untuk beragam kondisi berkendara, akan memperkuat deretan produk dan menjadi flagship baru untuk Datsun.

Mobil ini dirancang untuk pasar Indonesia dengan ground clearance tinggi 200 mm, body cladding yang kokoh dan under body skid plates untuk melewati beragam kondisi jalan.

Dengan interior yang serbaguna, ruang untuk lima orang dewasa dan ruang tambahan untuk bagasi atau anak-anak jika dibutuhkan pada baris ketiga, dan beragam fiturnya, Datsun CROSS akan memberikan sentuhan petualangan pada setiap perjalanan.

Selain transmisi manual, Datsun CROSS juga hadir dengan X-Tronic CVT (continuously variable transmission). Diperkenalkan pertama kalinya di deretan produk Datsun, teknologi CVT generasi terkini ini semakin meningkatkan kemampuan dan kenyamanan berkendara. Halus dan mudah dikendarai, sistem transmisi ini juga hemat bahan bakar, memberikan kinerja yang lebih baik, lebih awet, ringan dan ringkas dibandingkan transmisi otomatis konvensional.

Pertama di segmennya, Datsun CROSS dilengkapi fitur keselamatan seperti Vehicle Dynamic Control (VDC) sebagai standar di semua varian.

“Menawarkan fungsionalitas kendaraan crossover dan sederet teknologi canggih, Datsun CROSS diarahkan untuk pelanggan Indonesia”, kata Jose Roman, Corporate Vice President, Nissan Motor Co., Global Head of Datsun. “Mobil ini menandai fase berikutnya dalam rencana Datsun untuk memberi mobilitas pribadi kepada generasi pelanggan baru yang menginginkan mobil baru yang dapat mereka banggakan”.

Bagian depan yang gagah, body cladding yang kokoh dan proporsi crossover yang pas membuat Datsun CROSS menonjol dari lainnya, sekaligus memastikan bahwa penumpangnya dapat menikmati kenyamanan.

Dibuat untuk pelanggan yang aspiratif, life challenger, Datsun CROSS akan membuka segmen pasar baru ketika penjualan dimulai pada Maret 2018.

Desain eksterior
Datsun CROSS menonjolkan tampilan yang sangat individual dan desain yang khas. Honeycomb grille Datsun mungkin sudah banyak dikenal, namun tampil lebih dalam dan menonjol pada posisi yang lebih tegak untuk memberikan tampilan yang lebih agresif dan menekankan garis kap mesin yang lebih tinggi.

Lampu depan dengan proyektor yang dinamis memiliki bentuk ‘Mata Elang’ yang khas dan memadukan lampu indikator sein dan daytime running lamps. Lampu tersebut juga merupakan yang pertama dalam segmennya, yang memberikan fitur pengoperasian otomatis.

Ketika mobil berjalan dari suasana terang hingga gelap – misalnya di terowongan atau tempat parkir bawah tanah – maka lampu akan menyala secara otomatis. Hal yang sama terjadi ketika suasana gelap muncul atau ketika mobil dihidupkan pada malam hari. Ketika mobil kembali berada di suasana yang terang, lampu secara otomatis akan padam.

Lampu juga menjadi lebih efisien dengan pancaran sinar lembut, panjang dan lebar sehingga memberikan kemampuan melihat yang lebih luas, – Datsun CROSS tidak hanya dapat ‘melihat’ lebih baik, namun juga dapat mudah terlihat oleh para pengguna jalan lainnya.

Datsun CROSS juga dilengkapi dengan lampu “follow me home” untuk memastikan bahwa jalan di depan diterangi lampu bahkan bila mobil dimatikan dan terkunci.

Di bawah lampu depan terdapat sepasang lampu kabut berbentuk lingkaran, yang diletakkan pada cekungan di dalam body mobil bagian depan sehingga menambah tampilan dinamis yang kuat pada Datsun CROSS.

Itulah citra yang ditekankan melalui body cladding dan perlindungan bodi mobil bagian bawah. Di bagian depan dan belakang terdapat skid plate body mobil bagian bawah yang memanjang dan membentuk bagian bumper, sementara cladding yang luas pada sisi bodi mobil melindungi bodi mobil dari kerusakan yang mungkin terjadi karena lumpur atau pecahan batu.

Cladding menutupi rongga roda bagian depan dan belakang dan memanjang sehingga menjadi perluasan pelindung bagian bawah di kedua pintu. Cladding ini dicat dengan warna abu-abu metalik dengan sisipan serupa logam dengan warna yang lebih cerah serta terlihat kontras dengan warna bodi sehingga memberikan tampilan gagah yang sangat menarik.

Pilihan warna eksterior untuk Datsun CROSS sangat luas, dengan tujuh warna, termasuk dua warna metalik baru yang khas – Amber dan Copper. Warna lain yang tersedia adalah dua warna solid – putih dan hitam – dan tiga warna metalik lainnya: abu-abu, merah dan silver.

Roof rail juga menunjang Datsun CROSS untuk tampil beda. Dengan menambah ukuran tinggi profil mobil, roof rail memberikan tampilan yang lebih sporty dan gagah. Roof rail yang memiliki dua corak warna hitam dan silver itu tidak sekadar untuk gaya, namun memberikan kepraktisan yang sesungguhnya.

Dipasang kokoh dan dengan batang melintang yang tersedia untuk berbagai fungsi, roof rail tersebut memiliki kapasitas 30 kilogram, sehingga menambah keluwesan mobil ini dengan memperluas ruang bagasi yang ada untuk perjalanan jauh keluarga.

Hal penting lainnya yang menonjolkan Datsun CROSS adalah ground clearance setinggi 200 mm, yang membuat mobil ini mampu melewati beragam kondisi jalan. Pelek alloy berpalang kembar (twin spoke) dan ban juga berperan meningkatkan tidak hanya untuk keindahan, namun juga kenyamanan dan pengalaman berkendara.

Pusat gravitasi yang sedikit lebih tinggi memungkinkan penempatan kursi 10 mm lebih tinggi, dan posisi mengemudi yang leluasa membuat penumpang dapat melihat lebih banyak dan pengemudi dapat melihat adanya rintangan lebih awal. Pandangan ke arah belakang juga meningkat dengan adanya penambahan wiper pada jendela belakang.

Datsun CROSS memiliki Intelligent Wiping System (IWS). Selain penyetelan wiper terus-menerus, juga ada penyetelan untuk gerakan sekali-sekali. Namun, bukannya memberikan satu masa jeda di antara gerakan wiper, IWS memberikan beberapa masa jeda tergantung dengan kecepatan kendaraan.

Interior
Desain interior mobil ini menambahkan jiwa petualang, dengan memberikan kombinasi nuansa sporty dan keheningan yang mewah. Para desainer Datsun menggarisbawahi energi dan jiwa sporty dari mobil ini dengan memberikan tekanan warna silver yang terpadu dengan harmoni warna interior yang dominan berwarna hitam.

Tampilan dinamis tampak pada panel instrumen dan center console yang multi-fungsi, yang memberikan informasi yang mudah dibaca sehingga pengemudi tetap fokus dengan perjalanannya.

Sandaran kursi depan yang dibentuk ergonomis memiliki bantalan samping yang nyaman, sehingga memberikan dukungan ekstra ketika menikung, dan dibalut dengan material yang memiliki tekstur yang khas.

Panel instrumentnya minimalis tetapi canggih, dengan aksen silver dan tampilan karbon pada warna dasar yang didominasi warna hitam. Di depan pengemudi terdapat instrumen binnacle yang berisi takometer dan speedometer serta penunjuk informasi multifungsi, sementara di tengah dashboard terdapat layar monitor berwarna yang sepenuhnya terintegrasi.

Terdapat banyak ruang penyimpanan, antara lain di kantung pintu yang luas, yang mampu menjadi tempat botol berukuran 1 liter atau lebih, tempat penyimpanan uang logam, kotak penyimpanan berpenutup dan tempat cangkir untuk penumpang depan dan belakang. Secara keseluruhan, interior memiliki ruang penyimpanan berkapasitas 10,5 liter.

Mempertegas multiguna dan kepraktisannya, Datsun CROSS memiliki ruang luas untuk lima orang dewasa dan tas bawaan mereka. Mobil ini bahkan memiliki ruang ekstra bila dibutuhkan di baris ketiga. Kursi ekstra tersebut pas untuk anak-anak untuk perjalanan jarak pendek.

Kemudahan akses diberikan dengan melipat sandaran kursi tengah dan merebahkan ke depan kursi tersebut. Ketika kursi baris paling belakang tidak dibutuhkan, dapat dilipat ke bawah boot floor sehingga memberikan ruang yang luas untuk barang.

Selama pengembangan mobil ini, perhatian besar diberikan untuk memastikan agar noise, vibration and harshness berada di level minimum. Hasilnya, Datsun CROSS memiliki kesenyapan yang hampir sama dengan mobil yang lebih premium.

Sasis dan suspensi
Datsun CROSS memiliki suspensi depan dengan pivot ganda lower arm yang canggih dengan suspensi belakang twist beam baru, yang dipilih tak hanya untuk memberikan kenyamanan berkendara, namun juga karena suspensi tersebut tak masuk ke dalam ruang lantai, sehingga memberikan lebih banyak ruang di belakang kabin.

Berkat penyetelan yang penuh ketelitian, meskipun pusat gravitasi dan ground clearance lebih tinggi, Datsun CROSS memiliki kinerja yang sama baiknya dengan mobil konvensional dengan tidak ada peningkatan kecenderungan limbung (body roll).

Perubahan yang ada antara lain pegas yang lebih kokoh dan damper yang sudah diperbarui dengan kendali pantulan yang lebih baik. Damper dengan daya respons yang tinggi ini memberikan reaksi yang lebih linier pada jalan yang kurang mulus sehingga meredam guncangan dan meningkatkan kenyamanan.

Datsun CROSS juga memiliki keuntungan dari ban berukuran 15 inci yang memberikan kenyamanan lebih saat berkendara dan daya cengkeram yang lebih kuat, serta memberikan tampilan kokoh pada mobil.

Ban sudah dioptimalkan, tidak hanya kinerjanya, namun juga secara ekonomis karena material karet yang dipilih membantu mengurangi gaya hambatan dan meningkatkan penghematan bahan bakar.

Keselamatan juga merupakan faktor penting lainnya yang telah dirancang dalam Datsun CROSS sejak awal. Pertama di kelasnya, Vehicle Dynamic Control (VDC) menjadi standar di semua varian. Dengan menggunakan perangkat lunak terkini yang dikendalikan oleh komputer dan sensor di dalam mobil, fitur-fitur VDC memiliki anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD with BA), traction control (TCS) dan brake-limited slip differential (B-LSD).

ABS mencegah roda terkunci atau tergelincir karena pengereman yang kuat, sementara EBD memastikan distribusi yang merata dari tekanan rem di semua kondisi. Perangkat elektronik canggih dalam VDC menggunakan sensor pengereman untuk memperlambat satu roda atau lebih serta sistem manajemen mesin untuk mengurangi torsi mesin yang dibutuhkan untuk membatasi kehilangan traksi pada roda depan ketika mobil berbelok dengan kecepatan tinggi (understeer) atau kehilangan traksi pada roda belakang (oversteer).

Meskipun memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang dari rata-rata yang ada di kelasnya – faktor penting dalam interior mobil yang lapang – radius putar Datsun CROSS 4,6 meter membuat mobil ini tetap nyaman dan lincah saat bermanuver di perkotaan.

Mesin dan transmisi
Datsun CROSS menggunakan mesin bensin berkapasitas 1,2 liter, 68/78 hp dengan torsi 104 Nm, yang memberikan kinerja tingkat tinggi dan efisiensi dalam body yang ringan dan ringkas. Keluarga mesin ini diakui tidak hanya kinerjanya tapi juga keandalannya. Ini adalah kepercayaan yang telah dibangun selama bertahun-tahun, dan pada saat itulah telah dibuat lebih dari ratusan ribu mesin, yang digunakan untuk menggerakkan berbagai model mobil Nissan dan Datsun.

Untuk Datsun CROSS beberapa perubahan penting telah dilakukan untuk meningkatkan efisiensi thermal dan mengurangi kehilangan tenaga akibat gesekan lebih jauh.

Teknik yang digunakan mencakup circular bore honing untuk menjaga toleransi pada tingkat yang sangat minimum, sementara pompa oli dan air dengan gesekan rendah mengurangi kehilangan tenaga akibat gesekan. Rasio kompresi yang lebih tinggi, piston cekung dan penginjeksi bahan bakar yang terpecah menjadi atom yang lebih kecil, semua itu membantu meningkatkan efisiensi pembakaran.

Mesin menggerakkan roda depan melalui transmisi manual dengan lima kecepatan yang berpindah dengan mulus, namun ada juga opsi dua pedal yang signifikan. Nissan, perusahaan induk Datsun, telah menggunakan teknologi continuously variable transmission (CVT) sejak 1992 dan telah memiliki banyak pengalaman di bidang ini.

Datsun menawarkan X-Tronic CVT yang tak hanya halus dalam berkendara, namun juga hemat bahan bakar dengan kinerja yang lebih baik dan lebih ringan dari transmisi otomatis konvensional. Penggunaan pulley yang lebih kecil dan sub planetary gear secara bersamaan menghasilkan efek ganda dalam performa yang responsif dari titik awal dan pada kecepatan rendah, serta efisiensi bahan bakar yang tinggi pada kecepatan tinggi berkat low engine revs yang dibutuhkan untuk rasio gear yang lebih panjang. Kombinasi perubahan gigi yang ringan dan mulus membantu dalam memberikan performa yang bertenaga, serta penghematan bahan bakar menjadikan CVT sebagai mitra ideal bagi Datsun CROSS.

Fitur Keselamatan
Sebagaimana Vehicle Dynamic Control pada semua tipe, Datsun CROSS memiliki beragam perangkat keselamatan lainnya, termasuk airbag ganda di depan, lampu peringatan sabuk keselamatan dan lampu depan otomatis.

Pintu belakang memiliki wiper dengan penyemprot air bertekanan tinggi untuk meningkatkan kemampuan pandangan arah belakang, sementara kaca spion bisa disesuaikan dengan perangkat listrik dan memiliki lamp repeater untuk memberi pengguna jalan lainnya penunjuk yang jelas tentang arah yang akan diambil oleh pengemudi.

Dimensi Datsun CROSS
Tinggi: 1560 mm
Lebar: 1670 mm
Panjang: 3995 mm
Jarak Sumbu Roda: 2450 mm
Ground clearance: 200 mm
Radius putar: 4,6 m

Ringkasan
Datsun CROSS merupakan produk yang sangat khas untuk pasar Indonesia dan menjadi flagship baru Datsun. Mobil ini secara khusus diciptakan untuk beragam kondisi jalan di Indonesia berkat ground clearance setinggi 200 mm, pelek besar 15 inci dan body cladding kokoh dan gaya.

Mobil ini digerakkan oleh mesin bensin 1,2 liter yang ringan dan sangat responsif untuk menyeimbangkan antara kinerja yang lincah dan penghematan bahan bakar yang besar, serta X-Tronic CVT generasi terkini yang makin menambah kehalusan dan kenyamanan berkendara.

Keserbagunaan dan desainnya menjadikan Datsun CROSS berbeda dari yang lain. Mobil ini merupakan produk baru yang berani sebagai transportasi pribadi: mobil untuk semua gaya hidup, dan berbagai tugas. Inilah mobil yang siap menjadi mitra andal dan praktis serta siap segera menjadi anggota keluarga yang tak terpisahkan.

Dari namanya tecermin karakter ganda, melintasi batas kehidupan sehari-hari, melakukan tugas rutin dengan mudah, namun siap untuk menghadapi tantangan petualangan baru bila diperlukan.

“Ketika Datsun kembali ke pasar Indonesia, kami berjanji bahwa kami akan memberikan tiga model dalam tiga tahun. Datsun CROSS yang baru ini merupakan komitmen kami akan hal tersebut, dan lebih dari itu, desainnya yang dinamis akan memperkenalkan kita pada segmen pasar baru,” kata Eiichi Koito, Presiden Direktur, Nissan Motor Indonesia. “Datsun CROSS adalah mobil baru untuk generasi baru. Mobil yang membawa Datsun jauh di depan pesaingnya.”
***

Tentang Datsun
Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun dijual di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan sejak tahun 2014.

Sejarah Datsun
Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu yaitu Messrs. Den,
Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Datsun Indonesia, silahkan mengunjungi www.datsun.co.id, twitter @id_datsun, dan Facebook Datsun Indonesia.


Informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
R. I. Hana Maharani
Head of Communications, PT. Nissan Motor Indonesia
P: (021) 858 2323, F: (021) 858 4912
E: hana.m@nissan.co.id

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2018