Jakarta (ANTARA News) - Borussia Dortmund harus puas pulang dengan mengantongi satu poin setelah ditahan imbang 1-1 oleh Hertha Berlin dalam laga lanjutan pekan ke-19 Liga Jerman di Stadion Olimpiade, Berlin, Jerman, Sabtu pagi WIB.
Dortmund bahkan harus menyelamatkan satu poin tersebut lewat gol yang dicetak Shinji Kagawa setelah sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Davie Selke untuk tuan rumah.
Meski demikian, satu poin yang diraih cukup mengangkat posisi tim besutan Peter Stoeger itu ke peringkat ketiga klasemen sementara Liga Jerman dengan koleksi 30 poin, walaupun posisinya masih bisa tergusur keluar dari zona Liga Champions jika para pesaingnya bisa meraih kemenangan di laga pekan ke-19.
Setidaknya Schalke (30), Bayer Leverkusen (28) dan Borussia Moenchengladbach (28) mengancam posisi Dortmund tersebut, jika menang atas lawan masing-masing.
Sementara Hertha (25) masih tak beranjak dari urutan ke-11 klasemen.
Laga babak pertama yang berjalan cukup membosankan segera menjadi panas ketika Hertha membuka keunggulan saat babak kedua baru memasuki detik-detik awal.
Umpan tarik yang dilepaskan Valentino Lazaro berhasil disambut sontekan mudah oleh Selke untuk membawa Hertha mengungguli Dortmund pada menit 46.
Ketinggalan satu gol justru melecut semangat para pemain Dortmund yang mengancam gawang Hertha setelah Christian Pulisic melenggang melewati para pemain belakang pada menit 57, beruntung tendangannya masih bisa diselamatkan oleh penjaga gawang Thomas Kraft.
Hertha sebetulnya sempat kembali menyarangkan bola ke gawang Dortmund pada menit 63 ketika Ondrej Duda meneruskan bola liar percobaan tembakan Salomon Kalou, namun hakim garis mengangkat bendera tanda offside.
Pada menit 71 upaya Dortmund akhirnya membuahkan hasil dengan memanfaatkan salah umpan Mithcell Weiser yang diteruskan Jodan Sancho dengan umpan silang yang disambut tandukan Kagawa demi mengubah kedudukan menjadi 1-1.
Sancho kembali mencuri perhatian ketika hampir membalikkan keadaan untuk Dortmund pada menit 82, saat melepaskan tendangan melengkung ke area tiang jauh menyelesaikan umpan tumit pemain pengganti Alexander Isak, sayangnya bola masih melenceng dari sasaran.
Isak lantas mengancam gawang tuan rumah dengan tendangan keras pada menit 86, namun masih bisa dihalau barisan pertahanan Hertha. Sesaaat kemudian upaya Isak hanya membentur tiang gawang, meski di saat bersamaan wasit terlebih dahulu meniup peluit untuk pelanggaran terhadap pemain Hertha.
Kedudukan imbang bertahan hingga wasit Christian Dingert menuip peluit tanda laga bubar.
Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Bundesliga Jerman:
Hertha Berlin (4-2-3-1): Thomas Kraft (PG); Mithcell Weiser, Niklas Stark, Fabian Lustenberger, Marvn Plattenhardt; Arne Maier, Per Ciljan Skjelbred; Valentino Lazaro, Ondrej Duda (Mathew Leckie), Salomon Kalou (Vladimir Darida); Davie Selke
Pelatih: Pal Dardai
Borussia Dortmund (4-3-3): Roman Buerki (PG); Lukasz Piszczek, Sokratis Papastathopoulos, Oemer Toprak, Jeremy Toljan; Shinji Kagawa, Julian Weigl, Mario Goetze (Alexander Isak); Christian Pulisic, Andre Schuerrle, Jodan Sancho
Pelatih: Peter Stoeger

Pewarta: ANTARA News
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018