Korut tangguhkan kunjungan delegasi seni ke Korsel

Korut tangguhkan kunjungan delegasi seni ke Korsel

Arsip Foto. Delegasi Korea Selatan dan Utara saat menghadiri pertemuan di desa gencatan senjata Panmunjom di zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea, di Korea Selatan, Selasa (9/1/2018). (Yonhap via REUTERS)

Seoul (ANTARA News) - Korea Utara menangguhkan rencana untuk mengirim delegasi yang dipimpin oleh pemimpin band ala Barat yang semua anggotanya perempuan ke Korea Selatan akhir pekan ini guna menyiapkan pertunjukan budaya selama Olimpiade menurut siaran kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Jumat (19/01).

Pyongyang mengatakan kepada Seoul bahwa mereka menangguhkan rencana pengiriman delegasi seni beranggotakan tujuh orang itu untuk memeriksa lokasi pertunjukan seni yang diusulkan di Seoul dan kota timur Gangneung sehubungan dengan Olimpiade Pyeongchang, demikian siaran Yonhap, mengutip Kementerian Unifikasi Korea Selatan.

Korea Utara tidak memberikan alasan perubahan rencana itu menuruut kementerian, dan belum segera jelas apakah kunjungan itu dibatalkan secara permanen atau ditunda menurut siaran kantor berita AFP.

Korea Utara pekan lalu sepakat untuk berpartisipasi dalam Olimpiade, yang akan berlangsung di 80 kilometer di bagian selatan Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membagi semenanjung tersebut, meredakan ketegangan terkait program senjata terlarang mereka.(kn)

Penerjemah: Nanien Yuniar
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar