Jakarta (ANTARA News) - BSB Hangtuah berhasil menaklukkan Bank BJB Garuda Bandung dengan skor 74-71 di hari kedua Seri V Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 yang digelar di DBL Arena, Surabaya, Sabtu.

Dipantau dari laman resmi IBL di Jakarta, Sabtu, Garuda Bandung sebenarnya memulai laga dengan baik. Mengandalkan pemain asing anyarnya Gary Jacobs, mereka sukses menutup kuarter pertama dengan keunggulan 11-7.

Di kuarter kedua, Hangtuah sempat menyamakan kedudukan 16-16 setelah guard asingnya Keenan Palmore, tetapi Garuda tetap bisa unggul di akhir kuarter 29-24.

Kuarter ketiga menjadi titik balik Hangtuah, tepatnya di pertengahan kuarter saat big man mereka Nahshon George melesakkan tiga angka dan membuat kedudukan imbang 36-36.

Setelah itu, Hangtuah melaju dengan kencang dan menyelesaikan kuarter ketiga dan berbalik unggul 56-44.

Garuda Bandung pun berusaha keras mengejar ketertinggalan, tetapi gagal karena Hangtuah sukses menjaga performa dan memenangkan laga dengan skor 74-71.

Hasil ini merupakan kemenangan keempat Hangtuah di IBL 2017-2018 dari sembilan laga yang membuat mereka berada di peringkat keempat klasemen sementara Divisi Merah..

Sementara bagi Garuda Bandung ini adalah kekalahan keempat dari sembilan pertandingan dan untuk sementara mereka berterngger di posisi ketiga Divisi Merah.

Pelatih Hangtuah Andika Saputra menyebut kemenangan timnya semata karena kerja keras pemain.

"Anak-anak bermain tanpa beban dan bertahan dengan bagus. Poin kami juga tertolong tembakan bebas," ujar Andika.

Sementara pelatih Garuda Bandung Andre Yuwadi mengakui kinerja anak-anak asuhnya tidak terlalu baik di laga tersebut, terutama di kuarter ketiga dan keempat.

"Strategi kami tidak berjalan di kuarter ketiga dan keempat, transisi menyerang ke bertahan juga bermasalah. Kami pun kalah bersaing di paint area," tutur Andre.

Di laga tersebut, Gary Jacobs menjadi penampil terbaik di Garuda Bandung dengan torehan 30 poin, enam rebound dan lima assist.

Di kubut Hangtuah, Nahshon George mencatatkan poin tertinggi dengan 24 poin, 10 rebound dan lima assist.

Adapun dari pertandingan lainnya di hari kedua seri V, Sabtu, NSH menelan kekalahan kesepuluh kalinya beruntun usai takluk dari Stapac Jakarta.

Kemudian, Pacific Caesar Surabaya mengalahkan Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja dengan skor 82-67.

Berikutnya di hari terakhir seri V, Minggu (21/1), digelar pertandingan Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja versus Pelita Jaya Basketball, Satria Muda kontra Garuda Bandung dan Stapac Jakarta berhadapan dengan Pacific Caesar Surabaya.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018