Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menaiki truk untuk menyusuri ruas Bakuheni-Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni, Minggu, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Dengan truk itu, Presiden Jokowi menyusuri ruas tol Seksi 1 (Pelabuhan-Bakauheni) sepanjang 8,9 km.

Hari ini Jokowi meresmikan dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yakni Bakuheni-Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru, sepanjang 14,54 km.

Kedua ruas tol itu terdiri dari Seksi 1 (Pelabuhan-Bakauheni) sepanjang 8,9 km dan Seksi 5 (Lematang-Kotabaru) sepanjang 5,64 km.  Seksi I dibangun oleh PT PP, sedangkan Seksi 5 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Baca juga: Tol Bakauheni-Palembang harus selesai sebelum Asian Games

"Saya mendorong agar jalan tol dari Bakauheni hingga Palembang selesai sebelum pelaksanaan ASEAN Games," kata Presiden Jokowi.

Jokowi yakin jalan tol ini akan selesai sesuai waktu, meskipun masih ada masalah pembebasan lahan.  Dia juga menyebut JTTS sangat penting karena menjadi proyek strategis nasional.

Ia menyebutkan infrastruktur sangat fundamental bagi Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara lain sebab infrastruktur di Tanah Air masih kecil dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Baca juga: Tol Bakauheni wujud nyata "BUMN Hadir untuk Negeri"


Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018