Oncupinar, Turki (ANTARA News) - Turki melanjutkan tembakan artilerinya ke arah milisi Kurdi dukungan Amerika Serikat di Suriah utara, Minggu, setelah media massa Turki menyatakan empat roket dari Suriah menghajar sebuah kota Turki di perbatasan dengan Suriah.

Tembakan lintas perbatasan itu menandai hari kedua front baru Turki dalam perang saudara Suriah yang sudah hampir berumur tujuh tahun.

Di bawah Operasi Ranting Zaitun, serangan udara Turki dua hari lalu menghajar posisi-posisi milisi Suriah-Kurdi YPG di Provinsi Afrin.

Baca juga: Roket dari Suriah nyasar ke wilayahnya, Turki ancam balas

Reporter Reuters di Gerbang Oncupinar di sisi Turki perbatasan Suriah-Turki, dapat mendengarkan dentuman artileri yang ditembakkan setiap tiga menit sekali.

Konvoi militer mendekat kawasan dekat gerbang, di mana satu transporter bisa membawa beberapa tank.

"Pada hari kedua, #Operasi Ranting Zaitun dilanjutkan guna memastikan kedamaian dan keselamatan rakyat kami, melindungi integritas teritorial Suriah, dan menghancurlebuhrkan semua elemen teroris di kawasan ini," kata Presiden Turki  Tayyip Erdogan, Ibrahim Kalin, dalam Twitter.

"Turki mengharapkan sahaba-sahabatnya mendukung pertarungan memerangi terorisme dalam segala bentuk," tutup dia seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Kejar Kurdi, militer Turki masuk wilayah Suriah




Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018