Jakarta (ANTARA News) - Oddie Rehata (45) dari Purwakarta, Indonesia dan Zhang Xuchao (26) asal Beijing, China, memenangi lomba berhadiah mobil mewah dan uang tunai satu juta dolar Singapura yang diselenggarakan di Bandara Changi, Singapura, Minggu (21/1).


Oddie dan Zhang menyisihkan 12 finalis lain dari Asia Tenggara dalam lomba promosi "Be a Changi Millionaire", yang dapat mengikuti lomba setelah berbelanja di bandara tersebut.


Menurut siaran pers pengelola bandara, Oddie berbelanja di Changi bersama temannya saat sedang ke Singapura untuk perjalanan bisnis. Ia dipasangkan dengan Zhang dalam lomba yang antara lain meliputi tebak harga dan asah ingatan tersebut.


Pada babak terakhir, dua tim yang bertahan beradu keberuntungan memilih kunci mobil untuk mendapatkan hadiah mobil dan uang tunai. Oddie dan Zhang berhasil memilih kunci yang tepat untuk sedan Volvo S90 T5 dan uang tunai 1 juta dolar Singapura.


"Saya akan menggunakan sebagian uang untuk berinvestasi, untuk menjalankan bisnis dan juga untuk didonasikan. Lebih penting lagi, saya ingin untuk membawa keluarga ke Mekkah," kata Oddie, seorang pengusaha.


Sementara Zhang, yang bisa mengikuti lomba karena membeli parfum dan kosmetik untuk pacarnya ketika mengunjungi Singapura tahun lalu, berencana menjual mobil hadiahnya dan membeli Volvo lain saat kembali China.


Kampanye tahunan "Be a Changi Millionaire" pertama kali diadakan pada 2010 sebagai salah satu pendukung performa komersial bandara tersebut, yang pada 2017 penjualannya total tumbuh 7,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan menutup tahun dengan rekor penjualan 2,5 juta dolar Singapura.


"Ritel mengambil peran penting dalam Bandara Changi karena keuntungan yang dihasilkan membantu menurunkan biaya penerbangan agar tetap kompetitif untuk maskapai penerbangan. Pertumbuhan lalu lintas udara membuat lebih banyak wisatawan mengetahui penawaran ritel Changi," kata Wakil Direktur Eksekutif Komersial Changi Airport Group, Lim Peck Hoon.


Penumpang dari China, Singapura, Indonesia, India dan Inggris tercatat sebagai pelanggan dengan belanja terbanyak di bandara tersebut, dengan China dan Singapura memberikan kontribusi lebih dari setengah total penjualan.


Lebih dari 57 juta transaksi tercatat pada tahun 2017, dengan rata-rata 158.000 transaksi setiap hari. Parfum dan kosmetik, dan minuman serta tembakau menempati peringkat tertinggi sebagai kategori produk yang paling diminati, diikuti dengan barang mewah, elektronik dan perangkat, dan cokelat permen.


Warga Indonesia yang sebelumnya memenangi lomba "Be a Changi Millionaire" yakni Irvung Tio (2013); dan Ade Iskandar Roni (2016).








Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018