Jakarta (ANTARA News) - Alexis Sanchez telah membetot imajinasi  para penggemar Liga Premier sejak pindah ke Arsenal musim panas 2014, dan kini dia akan memasuki alam baru kemasyuran manakala bergabung dengan Manchester United.

Pemain asal Chile itu telah menempuh perjalanan hidup yang jauh dari seorang yang awalnya tak punya apa-apa di Tocopilla sampai kini menjadi salah satu atlet paling dikenal di seantero jagat.   Tapi tahukah Anda ada banyak hal mengejutkan yang tidak diketahui Anda dari Sanchez.

Dan inilah sepuluh hal yang tidak Anda tahu dari Sanchez, dikutip dari laman Daily Mail:

1. Alexis Sanchez lahir di Tocopilla, Chile utara, sebuah kota berpenduduk 25.000 orang.  industri utama kota ini adalah perikanan dan pertambangan. Abang Alexis, Humberto, pernah berkata empat tahun lalu, "Jika Alexis bukan pemain sepak bola, dia pasti sudah berkerja di pertambangan seperti kebanyakan laki-laki di sini."

2. Julukannya waktu kecil "Dilla" yang adalah kependekan dari kata dalam Bahasa Spanyol "ardilla" yang artinya "si tupai". Sanchez dijuluki si tupai karena dia hanya perlu beberapa detik untuk menaiki pohon atau gedung untuk memungut bola yang muntah ke luar lapangan sewaktu bermain sepak bola di jalanan semasa kecil dulu. Kini namanya malah diabadikan pada salah satu jalan di Tocopilla.

3. Sanchez awalnya tak punya apa-apa.  Ayahnya sudah meninggalkan dia sebelum dia lahir dan ibunya Martina adalah penjual ikan. Saat Sanchez bermain untuk klub Cobreloa pada usia 16 tahun, Martina didenda 1.000 dolar karena menjual ikan tanpa izin. Sang ibu tak bisa membayar denda sebesar itu dan akhirnya membuat Sanchez harus terikat kontrak dengan agen Fernando Felicevich tanpa dibayar.

4. Kencang sekali larinya. Sewaktu di Udinese, Italia, dia berkendara ke sebuah kota kecil untuk berbelanja, tapi di sana dia malah kehilangan kunci mobil. Alih-alih naik angkutan umum untuk balik ke rumah guna mengambil kunci cadangan, dia malah lari sejauh empat mil menuju rumahnya dan balik lagi ke tempat dia kehilangan kunci mobil. Tak heran kecepatan berlarinya menakutkan para pemain belakang lawan.

5. Meski akhirnya berlabuh di Manchester United, bukan Manchester City, Sanchez tetap menyanjung tinggi-tinggi mantan bosnya di Barcelona yang sekarang menangani City, Pep Guardiola. Dia bilang "Guardiola membuatku merasa seperti Ferrari."

Baca juga: Sanchez pakai nomor keramat 7, sama dengan Beckham dan Ronaldo

6. Sampai usia 15 tahun dia belum punya sepasang pun sepatu bola.  Wali kota setempat yang menjadi pendukung tim yang diperkuat Sanchez, Arauco, lalu menghadiahi dia sepasang Reeboks.  Sebelum itu, ibunyalah yang mencarikan pinjaman sepatu untuk Sanchez.

7. Sanchez adalah Santa Klaus-nya Tocopilla. Dia terkenal suka membagi-bagikan hadiah Natal dari dirinya sendiri kepada bekas teman-teman sekolahnya.

8. Pada usia 17 saat memulai debutnya bersama Timnas Chile melawan Selandia Baru pada 2006, Sanchez adalah pemain termuda yang memperkuat Chile. Sekarang dia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Chile dengan 39 gol.

9. Ikut pindah bersama dia ke Manchester adalah dua anjingnya, Atom dan Humber. Sanchez bahkan membuat akun Instagram untuk binatang peliharaannya itu dan kerap membawa serta anjing-anjing itu ke latihan.

10. Sanchez tidak asing dengan dunia seni pentas karena dia pernah bercita-cita jadi aktor ketika suatu waktu pensiun dari sepak bola. "Adalah mimpiku tampil di film, entah itu sebagai detektif atau orang yang bekerja di NASA dan tahu banyak hal."

Baca juga: Alexis Sanchez membuat Cristiano Ronaldo mustahil balik ke MU



Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018