Melbourne (ANTARA News) - Roger Federer menembus perempat final Australia Terbuka untuk ke-14 kalinya pada Senin, namun sang juara bertahan tidak meraih kemenangan dengan mudah saat melawan petenis peringkat 80 dunia asal Hungaria Marton Fucsovics.

Petenis Swiss 36 tahun itu tidak sedang berada dalam performa terbaiknya di Rod Laver Arena yang bermandi matahari, namun mampu mencatatkan kemenangan 6-4, 7-6(3), 6-2 untuk menyiapkan pertemuan dengan Toma Berdych di perempat final.

Fucsovics belum pernah memenangi undian utama Grand Slam sebelum tiba di Melbourne, namun setelah memenangi tiga putaran petenis 25 tahun itu menampilkan permainan penuh keterampilan dan kepercayaan diri untuk membuat sang unggulan kedua Federer harus bekerja keras dalam dua set.

Namun tidak pernah ada alarm nyata untuk petenis Swiss itu dan ia melaju untuk meraih kemenangan pada set ketiga.

"Menurut saya ia bermain sangat baik, ini merupakan kondisi-kondisi cepat maka Anda harus memiliki ide-ide cepat dan mengeksekusinya dengan baik dan ia melakukannya dengan sangat baik," kata Federer di lapangan.

"Hanya ketika saya memiliki dua set dan satu break, saya merasa saya memiliki angin di belakang saya."

Federer merupakan petenis putra tertua yang mencapai perempat final Australia Terbuka sejak Ken Rosewall pada 1977, demikian Reuters melaporkan.

(H-RF/B016)

Pewarta: antara
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018