Mengintip Amazon Go, pasar swalayan bebas kasir

Mengintip Amazon Go, pasar swalayan bebas kasir

Pasar swalayan bebas kasir Amazon Go (amazon.com)

Seattle (ANTARA News) - Amazon.com Inc akan meluncurkan pasar swalayan bebas kasir pada Senin, setelah diuji coba selama lebih dari setahun.

Amazon Go terletak di Seattle, Amerika Serikat, sekilas mirip seperti pasar swalayan biasa, tapi, pembeli bisa langsung pulang setelah belanja tanpa perlu mengantre di kasir. Bagaimana cara belanjanya?

Setiap pembeli harus memasang aplikasi Amazon Go di ponsel agar bisa masuk ke gerbang toko, mirip tap-in kartu saat naik kereta.

Pasar swalayan bebas kasir Amazon Go (amazon.com)

Selebihnya, mereka bisa berbelanja seperti biasa. Amazon mengembangkan Just Walk Out Technology, teknologi yang digunakan di mobil swakemudi mencakup computer vision, sensor fusion dan deep learning. Setiap rak barang dilengkapi sensor dan kamera untuk mendeteksi barang apa saja yang diambil pembeli.

Laman Reuters menuliskan teknologi ini juga mengidentifikasi tubuh pembeli unuk dicocokkan dengan aplikasi. Selesai belanja, mereka bisa langsung keluar melewati gerbang, tidak perlu membayar di kasir.

Barang belanjaan yang diambil dapat dilihat di virtual cart aplikasi, tagihan akan dialamatkan ke akun Amazon.

Amazon Go sudah diuji coba ke karyawan perusahaan sejak Desember 2016, saat itu mereka menjadwalkan dapat dibuka untuk umum awal 2017.

Wakil Direktur Amazon Go, Gianna Puerini, mengatakan uji coba berlangsung lancar karena dikembangkan sejak empat tahun sebelumnya.

Tetapi, seorang sumber Reuters, menyatakan salah satu kesulitan adalah secara tepat mengidentifikasi pembeli.

Selain itu, jika anak-anak ikut berbelanja, mereka sering memindahkan barang ke tempat yang salah.

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar