90 persen pemain terdaftar ikuti Indonesia Masters

90 persen pemain terdaftar ikuti Indonesia Masters

Ilustrasi foto bulutangkis. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 90 persen pemain yang telah didaftarkan dalam invitasi bulu tangkis Indonesia Masters 2018 dipastikan berlaga dalam kejuaraan yang berlangsung pada 23-28 Januari.

"Saat ini sudah ada 90 persen dari jumlah pemain yang didaftar telah ada di Jakarta dan dipastikan bermain di Indonesia Masters, sedang beberapa pemain tidak hadir," kata Ketua Panitia Pelaksana Daihatsu Indonesia Masters 2018, Achmad Budiharto di Jakarta Senin.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) para pemain top yang dipastikan tak akan ikut serta dalam turnamen antara lain Kidambi Srikanth dan Pranoy H. S. dari India di nomor tunggal putra, pemain Jepang Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto di ganda putri dan pasangan suami istri Chris Adcock/Gabrielle Adcock di ganda campuran.

Kendati cukup banyak pemain top yang batal bermain, Budiharto mengatakan turnamen pasti akan berlangsung sengit, pasalnya masih cukup banyak pemain top dunia yang akan berlaga.

Budiharto mengatakan minat para pebulutangkis dunia ini tak terlepas dari perubahan status kejuaraan Indonesia Masters, yang awalnya hanya berada di level Grand Prix Gold, menjadi setara dengan level Superseries bersamaan dengan ketentuan baru.

Mulai tahun ini, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memang telah menetapkan Indonesia Masters sebagai ajang level empat grade dua. Hal ini berarti turnamen ini sudah setingkat Superseries dan memperebutkan hadiah sebesar 350 dolar Amerika.

"Dengan naik kelas ini, pasti menarik minat pemain 20 besar dunia. Persaingan pasti ketat tapi ini bagus sebagai ajang pembuktian para pemain untuk menghadapi kerasnya kompetisi sepanjang tahun 2018," kata Budiharto.

Adapun para pemain top yang dipastikan hadir adalah di tunggal putra, pemain peringkat pertama dunia, Victor Axelsen dari Denmark dipastikan ikut bermain. Sepuluh besar tunggal putra juga dipastikan akan hadir, mulai dari Lin Dan dan Chen Long dari Cina, hingga Son Wan Hoo dari Korea dipastikam turun.

Di tunggal putri, pemain top dunia juga sudah memastikan ikut. Carolina Marin dari Spanyol, Pusarla Sindhu dari India, Tai Tzu Ying dari Taiwan, hingga Sung Ji Hyun dari Korea Selatan telah tiba di Indonesia.

Sektor ganda juga tak kalah menarik. Di ganda putra, Li Junhui/Liu Yuchen dan Liu Cheng/Zhang Nan dari Cina siap tempur. Ada pula duo Mads, yakni Mads Conrad Petersen/Mads Pieter Kolding dari Denmark sudah dipastikan ikut.

Sedangkan di ganda putri, ada nama-nama seperti Chen Qinchen/Jia Yifan dari Cina, Ayaka Takahasi/Misaki Matsumoto dari Jepang, dan Christina Pedersen/Kamilla Rytter Juhl dari Denmark.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar