Jakarta (ANTARA News) - Gempa bumi 6,4 Skala Richter yang berpusat di 81 km sebelah barat daya Lebak, Banten, pukul 13.34 WIB, diketahui hampir berbarengan dengan gempa hampir sama kuatnya dengan gempa bumi yang terjadi di Papua New Guinea.

Mengutip laman Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) gempa yang menurut BMKG berpusat di Lebak, Banten, namun USGS mencatatnya 40 km dari Binuangeun dan berkekuatan 6 magnitudo, itu hanya berselisih sekitar setengah jam dari gempa bumi di Arawa, Papua New Guinea.

Menurut USG, gempa di PNG itu berkekuatan 5,4 magnitudo dan berpusat pada kedalaman 152 km serta terjadi pukul 12.59 WIB.

Sedangkan gempa Banten tercatat oleh USGS  terjadi pada kedalaman yang lebih dangkal pada 43,9 km.  Menurut USGS, gempa Banten terjadi pada pukul 13.34 WIB.

Gempa bumi kuat ini juga dirasakan sangat kencang oleh warga Jakarta dan sekitarnya, termasuk Bintaro dan Depok. Sedangkan kesaksian netizen dan sejumlah orang di media sosial, gempa bumi terutama terasa  kuat mengguncang di bagian selatan Jawa Barat dan Banten, termasuk Cianjur, Sukabumi dan Bogor.

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018