Jakarta (ANTARA News) - Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BPTP Balitbangtan Sumut yang berlokasi di Kebun Percobaan Pasar Miring, Deli Serdang melaksanakan panen perdana Calon Varietas Unggul Benih, Selasa (23/1).

Sesuai dengan fungsi UPBS Kebun Percobaan Pasar Miring diantaranya sebagai lokasi memproduksi benih sumber Padi Varietas Unggul Baru Badan Litbang Pertanian, sebagai lokasi diseminasi terhadap berbagai jenis varietas padi unggulan spesifik lokasi, sebagai wahana show window penerapan teknologi pertanian kepada siapa saja, tentunya UPBS KP.

Pasar Miring bertanggung jawab terhadap produksi Varietas Unggul Baru benih padi yang bermutu baik secara kualitas maupun kuantitas untuk mendukung swasembada pangan yang berkelanjutan.

Panen perdana benih hari ini adalah VUB varietas Cibogo kelas Foundation Seed (FS) dengan luasan penangkaran 0,43 hektare.

Menurut Teknisi UPBS KP. Pasar Miring Sdr. Zulkarnain menyampaikan bahwa hasil GKP di MT.II 2017 ini hasil produksinya diharapkan lebih baik dari musim-musim sebelumnya, dengan mutu hasil GKP yang baik diharapkan mutu GKG benih juga akan baik, daya tumbuh benih baik, sehingga akan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang baik, vigor, sehat dan berproduksi optimal sesuai dengan harapan petani.

Kepala BPTP Balitbangtan Sumut Dr. Khadijah El Ramija SPi,MP mengingatkan bahwa UPBS KP. Pasar Miring adalah titik pusat benih padi yang Bermutu, untuk itu UPBS harus menerapkan sistem menajemen yang baik, mulai dari manajemen administrasi, manajemen mutu, manajemen SDM, manajemen pelayanan dan manajemen pengelolaan lingkungan.

Ini dalam rangka wujud kinerja BPTP Sumut dalam hal ini Balitbangtan Kementan RI untuk mewujudkan Swasembada Pangan yang berkelanjutan salah satunya dengan  konstribusi produksi Teknologi Varietas-varietas Unggul Baru Benih Padi yang berkualitas di Sumatera Utara.

UPBS KP. Pasar Miring  memproduksi 11 varietas benih padi untuk pertanaman MT. I 2018 dari pertanaman MT.II-2017 dengan luas penangkaran 5 hektare, meliputi: Inpari 30, Inpari 32, Inpari 33, Inpari 42, Inpari 43, Cibogo, Mekongga, Inpara 8, Batutegi, Sigambiri merah dan Sigambiri putih dengan kelas benih FS.

Seluruh varietas yang diproduksi tersebut akan dapat digunakan untuk pertanaman MT. II 2018 pada Maret 2018.

Pewarta: Antara
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018