Segera hadir penghargaan teladan pelayanan publik Kemenpan

Segera hadir penghargaan teladan pelayanan publik Kemenpan

Aparatur sipil negara berfoot bersama seusai mengikuti upacara peringatan HUT ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), di Monas, Jakarta, Rabu (29/11/2017). Dalam pidatonya saat memimpin upacara HUT ke-46 Korpri Presiden Joko Widodo menyampaikan, agar aparatur sipil negara harus mampu mengurangi ketertinggalan dalam memberikan pelayanan kepada publik. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berencana memberikan penghargaan kepada sejumlah unit kerja instansi pemerintah pusat dan daerah sebagai teladan atau role model pelayanan publik.

"Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelayanan publik tertentu pada 72 Kabupaten/Kota, terdapat lima pembina pelayanan publik yang masuk dalam kategori A atau sangat baik," ujar Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa di Jakarta, Rabu.

Selain itu ada 67 unit penyelenggara pelayanan publik yang mendapatkan penghargaan dengan kategori sangat baik (A). Jumlah itu terdiri dari 14 Disdukcapil kabupaten/kota, 17 RSUD kabupaten/kota, 17 Dinas PTMTSP kab/kota, 2 DPMPTSP provinsi, sembilan Polres/Polresta/Polrestabes, enam BPOM provinsi, dan dua kantor pertanahan.

Adapun unit pelayanan publik yang memperoleh kategori baik (B) sebanyak 120, kategori baik dengan catatan (B-) sebanyak 92, kategori cukup (C) ada 45, cukup dengan catatan (C-) sebanyak 30.

Diah Natalisa mengatakan, pantauan dan evaluasi ini dilakukan sebagai amanat dari Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Berdasarkan pasal 7 ayat (3) huruf c dan ayat (4) huruf c UU tersebut, Menteri PANRB bertugas melakukan pemantauan dan evaluasi serta wajib membuat peringkat kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, dan secara berkala wajib memberikan penghargaan kepada penyelenggara.

Dia mengatakan, monitoring dan evaluasi ini dilakukan untuk mendapat gambaran secara konkret sampai sejauh mana kepatuhan instansi pemerintah terhadap pelaksanaan UU No. 25/2009.

Selain itu, juga untuk menjadikan 72 kabupaten/kota sebagai pilot project keberhasilan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Dengan demikian, daerah tersebut dapat menjadi tempat belajar bagi instansi lain dalam peningkatan kualitas pelayanan publik," ujar Diah.

Pemberian penghargaan dari pembina pelayanan publik nasional sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan capaian yang telah diperoleh oleh unit penyelenggara pelayanan publik.

"Unit penyelenggara pelayanan publik yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan agar terus mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya sehingga tercapai pelayanan publik yang prima terhadap masyarakat," ujar dia.

Adapun monitoring dan evaluasi kali ini merupakan kali ketiga. Monitoring pertama kali dilakukan tahun 2015, dengan mengevaluasi 57 kabupaten/kota, yang meliputi RSUD, Disdukcapil dan PTSP.

Tahun berikutnya, daerah yang dievaluasi bertambah menjadi 59 kabupaten/kota, dengan unit kerja meliputi RSUD, Disdukcapil, PTSP, Puskesmas, lembaga dan Polres/Polresta/Polrestabes.

Pada tahun 2017, jumlah daerah yang dievaluasi bertambah lagi menjadi 72 kabupaten/kota.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kemenpan RB ungkap capaian kinerja 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar