DKI mulai penataan trotoar Sudirman-Thamrin akhir Januari

DKI mulai penataan trotoar Sudirman-Thamrin akhir Januari

Sejumlah pengendara motor melintas di atas trotoar guna menghindari kemacetan di sepanjang Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2). Tidak adanya sanksi tegas terhadap penyerobot jalan untuk pejalan kaki tersebut selain menyebabkan sejumlah pengguna motor dengan bebas menggunakan jalan itu, juga dapat membahayakan pejalan kaki. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperkirakan penataan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin dimulai pada akhir Januari 2018.

"Proyek penataan trotoar di sepanjang Sudirman-Thamrin itu rencananya akan segera kami mulai akhir Januari tahun ini," kata Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah DKI Gamal Sinurat di Jakarta, Rabu.

Saat ini, menurut dia progres penataan trotoar di sepanjang kedua ruas jalan protokol tersebut sudah memasuki tahap finalisasi desain. Diharapkan pekerjaan dapat segera dimulai.

"Sekarang kami sudah sampai tahap finalisasi desain atau penyusunan desain akhir. Segera setelah desain itu selesai, pekerjaan penataan trotoar bisa langsung dimulai," ujar Gamal.

Dia menuturkan desain tersebut harus dirancang sedemikian rupa karena disesuaikan juga dengan kondisi eksisting, yaitu adanya jalur khusus sepeda motor.

"Finalisasi desain itu dikerjakan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Desain trotoar harus disesuaikan dengan kondisi saat ini, sehingga penataannya tepat," tutur Gamal.

Lebih lanjut, dia pun mengaku optimistis pekerjaan penataan trotoar tersebut dapat diselesaikan sebelum pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang.

"Kami yakin pekerjaan penataan trotoar itu dapat berjalan dengan baik dan bisa selesai sebelum dimulainya event Asian Games 2018," ungkap Gamal.

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar