Jakarta (ANTARA News) - Perusahan jaringan agensi iklan asal London, Inggris, M&C Saatchi mengumumkan rencana untuk membidik pasar iklan di Indonesia menyusul perkiraan pertumbuhan positif sektor ini di Tanah Air.

"Indonesia adalah pasar potensial karena jumlah populasi penduduknya yang terbesar di Asia Tenggara dan pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil selama beberapa tahun terakhir," kata Direktur Utama Global M&C Saatchi Moray McLennan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Moray menjelaskan, kehadiran cabang di Indonesia merupakan negara ke-24 dari total 27 cabang di seluruh dunia. "Cabang Indonesia melengkapi cabang di Malaysia dan Singapura," kata Moray.

Ia menegaskan, optimismenya untuk sukses di pasar Indonesia karena pihaknya memberi solusi pemasaran terpadu termasuk periklanan, pemasaran media digital dan sosial, pemasaran mobilitas, pemasaran kinerja, analisis data, hubungan masyarakat dan pemasaran melalui sosok berpengaruh, pemasaran olahraga dan hiburan, sponsor, pemasaran pembelanja serta inovasi ritel.

"Intinya solusi integrasi kami, diharapkan Indonesia pada akhirnya bisa berkontribusi minimal 10 persen bagi pendapatan global kami," kata Moray.

Presiden Direktur M&C Saatchi Indonesia, Anish Daryani mengungkapkan Indonesia merupakan pasar besar dengan jumlah penduduk usia produktif yang banyak.

"Berdasarkan sebuah survei, nilai kapitalisasi pasar iklan di Indonesia bisa mencapai Rp180 triliun per tahun dengan tren ke arah iklan digital dan dengan pertumbuhan per tahun mencapai 14 persen," katanya.

Anish juga menekankan, nilai lebih dari jaringannya adalah menawarkan konsep global tanpa melupakan budaya lokal dengan kesederhanaan.

"Didukung pertumbuhan ekonomi yang stabil, penetrasi internet di Tanah Air juga cukup tinggi dan banyaknya bisnis rumahan yang mendorong perekonomian, maka inilah saat yang tepat bagi M&C Saatchi untuk ekspansi di Indonesia," kata Anish.

Pihaknya juga menilai penyelenggaraan perhelatan Asian Games 2018 dan pilkada di sejumlah daerah akan memberikan potensi bagi bisnis perusahaannya.

"Kami tetap serius bidik iklan pasar komersial, tanpa melupakan pasar politik karena pada 2018-2019 di Indonesia ada pesta demokrasi luar biasa yang dikenal dengan istilah tahun politik," katanya.

M&C Saatchi terdaftar sebagai perusahaan publik di London Stock Exchange.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018