Jakarta (ANTARA News) - Google hari ini merayakan ulang tahun ke-136 Virginia Woolf dengan menampilkan Doodle wajah penulis tersebut pada halaman muka mesin pencarinya.

Lahir di London pada 1882, Woolf dibesarkan di rumah dengan sebuah perpustakaan besar yang kerap dikinjungi kaum intelektual, dan lingkungan sastra yang kuat dari ayahnya yang seorang penulis sekaligus sejarawan, begitu Google menjelaskan Woolf yang menjadi Doodle hari ini.

Tidak mengherankan bahwa kemudian menjadi anggota integral Group Bloomsbury, kelompok intelektual dan seniman kontemporer terkemuka.

Karya Woolf dikenal mengangkat kisah dengan emosi yang kompleks yang menjelaskan peristiwa yang nampak biasa-biasa saja secara detail, lewat novelnya yang mendunia "Mrs. Dalloway" (1925) dan "To the Lighthouse" (1927).

Karya nonfiksinya seperti "A Room of One's Own" (1929) dan "Three Guineas" (1938) menampilkan perspektif feminis Woolf dengan mendokumentasikan stratifikasi intelektual gender dan menghasilkan dinamika kekuatan yang didominasi laki-laki pada periode itu.

Dibuat oleh ilustrator Louise Pomeroy yang berbasis di London, Doodle hari ini menampilkan "gaya minimalis" Woolf -- profil ikonnya dikelilingi daun musim gugur yang berguguran (tema visual yang sering ada dalam karyanya).

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018