Jakarta (ANTARA News) - Memenangkan penghargaan Grammy mungkin merupakan pencapaian tertinggi seorang penggiat industri hiburan.

Siapapun bisa mencetak rekor terbanyak memenangi penghargaan ini. Konduktor Georg Solti misalnya, telah menyabet 31 Grammy sebelum menghembuskan napas terakhirnya pada 1997.

Tahun ini, Jay Z yang telah memenangkan 21 penghargaan selama karirnya berpotensial berada di posisi kedua pemenang Grammy terbanyak. Asalkan dia bisa memenangkan delapan kategori di mana dia masuk dalam nominasi tahun ini.

Jay Z berkompetisi untuk menyabet kategori Album of The Year dengan Kendrick Lamar untuk "DAMN", Bruno Mars "24K Magic", Lorde "Melodrama" dan Childish Gambino "Redbone".

Acara penghargaan Grammy ke-60 akan berlangsung 28 Januari 2018 di Madison Square Garden, New York City pukul 19.00 EST atau 29 Januari pukul 07.30 WIB.

Sosok pemenang Grammy terbanyak

Konduktor asal Hongaria, Georg Solti masih menjadi pemegang piala Grammy, sebanyak 31 buah. Solti meninggal pada 1997. Dia pernah menjadi konduktor untuk Chicago Symphony Orchestra hingga 1991.

Solti pernah menjadi direktur musik di Royal Opera, Covent Garden, kepala konduktor Orchestre de Paris, direktur Salzburg Easter Festival dan kepala sekolah London Philharmonic, menurut New York Times.

Dia memenangkan Grammy terakhirnya pada 1997 untuk kategori Best Opera  melalui "Wagner: Die Meistersinger Von Nurnberg".

Selebriti perempuan pemenang Grammy terbanyak

Alison Krauss merupakan perempuan pemenang Grammy terbanyak, dengan total 27 penghargaan. Musisi country itu juga menjadi sosok pemenang terbanyak untuk kategori Country Field.

Krauss meraih popularitas setelah karyanya muncul dalam film "O Brother, Where Art Thou" pada 2000.

Dia memenangkan Grammy pertamanya pada tahun 1990 untuk kategori Best Bluegrass Recording melalui lagu "I've Got That Old Feeling". Krauss memenangkan penghargaan kali terakhir untuk Best Bluegrass Album lewat "Paper Airplane".

Tahun ini dia masuk dalam nominasi Best Country Solo Performance dan Best American Roots Performance.

Siapa lagi yang sudah banyak boyong Grammy?

Komposer asal Prancis Pierre Boulez (26 penghargaan), musisi Stevie Wonder (25 penghargaan) dan produser asal Amerika John Williams (23 penghargaan).

Penyanyi Beyonce berada di bawah Krauss dengan perolehan 22 penghargaan Grammy. Dia bersama Adele memenangkan penghargaan paling banyak Grammy dalam satu malam, dengan enam penghargaan.

Beyonce menjadi penyanyi yang masuk nominasi Grammy paling banyak, totalnya 62. Demikian seperti dilansir laman Time.


Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018