Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil membungkam unggulan kelima asal Korea Selatan, Seo Seung Jae/Kim Ha Na, untuk memastikan langkahnya ke perempat final turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2018.

Dalam pertandingan putaran dua turnamen level 4 (Super 500) di Istora Senayan, Jakarta, Kamis,  Praveen/Melati mampu membuat kejutan dengan menundukan unggulan kelima itu dalam dua gim 21-15, 21-16.

"Dari awal kami sudah mempersiapkan banget, mereka bisa jadi unggulan berarti kan lumayan. Kami lebih mematangkan pola permainan kami, bagaimana melawan mereka. Kami juga melihat video pertandingan mereka, itu persiapan kami," kata Praveen di Istora.

Selain itu, menurut Praveen, kunci kemenangan mereka juga karena bisa saling menjaga komunikasi dan saling mengingatkan kesalahan masing-masing.

"Kuncinya juga, selama pertandingan tadi, komunikasi kami cukup berjalan baik," ujar Praveen.

Praveen juga menyebutkan, permainan Melati di garis depan tak disukai oleh lawan. Praveen/Melati juga terus menghindari permainan cepat dan kencang yang memang disukai Seo/Kim.

"Kami juga tadi harus pintar-pintar mengubah permainan. Sekarang kami mau mengamankan pola main kami dulu. Kami mau menunjukkan yang terbaik di sini, jangan sampai kalah tanpa memberikan perlawanan sama sekali," tutur Praveen.

Kendati sudah mulai menunjukan peningkatan performa, Praveen menilai masih banyak yang harus ditingkatkan kembali dengan pasangan barunya ini setelah ia dipisah dari pasangan sebelumnya Debby Susanto.

"Masih banyak yang harus ditingkatkan, dari komunikasi sih sudah enak. Yang mesti ditingkatkan itu pola mainnya, kan beda waktu saya sama Debby, jadi harus banyak latihan berdua," tambahnya.

Pada perempat final, Praveen/Debby akan menghadapi Yantoni Edy Saputra/Gischa Marsheilla Islami yang menumbangkan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto 21-15, 10-21, 21-14 pada putaran dua.

"Kami sering latihan bersama, sudah tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing. Mereka junior kami tapi kami nggak mau anggap remeh, ini pertandingan, apapun bisa terjadi, kami harus siap siaga dan tetap fokus," jelas Melati soal laga di perempat final. 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018