counter

Tatacara Shalat Gerhana

Tatacara Shalat Gerhana

Sejumlah umat Islam menjalankan sholat gerhana bulan di Masjid Al Akbar Surabaya, Jatim, Sabtu (10/12). Sholat tersebut dilakukan umat Islam saat terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) bertujuan untuk bersyukur dan selalu mengingat kebesaran Allah SWT, pencipta alam semesta. (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat) ()

Jakarta (ANTARA News) - Menurut data astronomi, akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) pada 31 Januari 2018 yang diperkirakan dapat diamati oleh seluruh wilayah di Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, dalam keterangan pers yang diterima Antaranews, Kamis, menjelaskan awal gerhana diperkirakan mulai pukul 20:48 WIT, 19.48 WITA, atau 18.48 WIB, dan puncaknya pada pukul 20.29 WIB, serta berakhir pada pukul 22:11 WIB.

Sehubungan itu, Muhammadiyah Amin mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Gerhana atau Salat Khusuf. Adapun tatacara Salat Gerhana sesuai siarah pers Kemenag adalah sebagai berikut: a. Berniat di dalam hati; b. Takbiratul ihram, yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa.

c. Membaca do’a iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti surat Al Baqarah) sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih); d. Kemudian ruku’ sambil memanjangkannya; e. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal) sambil mengucapkan “Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana Wa Lakal Hamd”;

f. Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang.

Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama; g. Kemudian ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya; h. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal); i. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali; j.

Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya; k. Salam.

Setelah itu imam menyampaikan khutbah kepada para jama’ah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdo’a, beristighfar, bersedekah.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Shalat Khusuf untuk mengingat kebesaran Allah

Komentar