Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal NI Yuyu Sutisna, menegaskan, rencana pembelian pesawat tempur generasi 4,5, Sukhoi Su-35 dari pemerintah Rusia masih terus berjalan.

"Sukhoi Su-35 masih jalan. Tidak ada pengaruh apa-apa, sesuai dengan apa yang disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto," kata Yuyu usai Rapat Pimpinan TNI Angkatan Udara 2018 di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat.

KSAU mengatakan hal itu menanggapi adanya informasi tekanan dari pemerintah Amerika Serikat agar Indonesia tidak membeli pesawat dari Rusia saat Menhan AS James Norman Mattis berkunjung ke Indonesia.

"Saya tidak mendengar itu (adanya dugaan tekanan dari AS). Saya dapat informasinya dari media. Yang pasti, kontraknya akan berjalan," ujarnya.

Mantan Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau) I ini mengharapkan penandatanganan kontrak pembelian Sukhoi-35 berlangsung pada Februari 2018.

"Saya harapkan paling lambat pada Februari 2018 sudah ditandatangani kontrak tersebut. Kalau sudah ditandatangani kontrak tersebut, maka pada tahun depan pesawat pertama akan datang," tuturnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018