New Delhi, India  (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan peringatan Hari Republik India di Rajpath, New Delhi, India, beberapa jam sebelum tiba di Islamabad, Jumat sore tadi.

Laporan wartawan Antara dari New Delhi, Jumat, menyebutkan bahwa Presiden Jokowi mengenakan setelan jas berwarna biru berdasi merah, sedangkan Ibu Negara mengenakan blus berwarna merah ketika menghadiri acara itu.

Peringatan Hari Republik India adalah perayaan pengesahan konstitusi negara India. Tahun ini adalah peringatan yang ke-69.

Wakil Presiden India Venkaiah Naidu dan Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut Presiden dan Ibu Negara di tempat itu sebelum menuju panggung kehormatan.

Sejumlah kepala negara/pemerintahan negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara juga menghadiri acara itu.

Para pemimpin negara juga mendengarkan Lagu Kebangsaan India bersama 21 kali dentuman meriam. Juga tampil parade alutsista seperti rudal brahmos, tank, rudal darat ke udara, serta barisan pasukan angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara.

Sejumlah kendaraan hias dari beberapa distrik di India juga menampilkan kekhasan daerah masing-masing.

Ada satu kendaraan yang juga menampilkan seni legenda yang serupa antara India dengan beberapa negara ASEAN seperti Indonesia dan Thailand yaitu memamerkan karakter anoman dalam tiga bentuk dandanan.

Karakter kera berwarna putih itu menari-nari di atas kendaraan bersama dengan tari-tarian dari Bali dan Thailand.

Kemudiam barisan perempuan yang mengenakan baju adat masing-masing suku dari ASEAN, di antaranya dari Suku Jawa yang mengenakan kebaya juga ditampilkan pada parade yang disaksikan rakyat India di sisi jalan yang melalui India Gate itu.

Usai acara, Presiden dan Ibu Negara melanjutkan kunjungan kenegaraan ke Pakistan melalui Lanud Palam, New Delhi.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018