Painan, Sumbar (ANTARA News) - Harga cabai merah keriting di pasar tradisional Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat tembus Rp58 ribu per kilogram atau naik Rp10 ribu jika dibandingkan pekan lalu.

"Harga cabai merah keriting saat ini naik Rp10 ribu dari pekan sebelumnya," kata seorang pembeli, Nurmanti (46) di Painan, Minggu.

Ia menyebutkan, kendati harga cabai merah keriting naik harga kebutuhan lainnya seperti bawang, gula pasir, dan lainnya masih sama dengan pekan lalu.

"Harga bawang masih pada kisaran Rp10 ribu sampai Rp16 ribu per kilogram tergantung kualitasnya," katanya lagi.

Begitu juga dengan gula pasir harganya masih Rp12 ribu per kilogram atau sama dengan pekan sebelumnya.

Juniarti (37) pembeli lainnya, menyebutkan menyiasati melonjaknya harga cabai ia hanya membeli cabai separuh dari kebutuhan.

"Biasanya saya membeli cabai satu kilogram per pekannya, karena mahal saya hanya membeli setengah kilogram saja, mudah-mudahan besok bisa lebih murah," ujarnya.

Pedagang cabai di pasar tradisional itu, Syamsir (48) menyebutkan mahalnya harga cabai saat ini disebabkan karena persediaan cabai yang sedikit.

"Biasanya per pekan saya mendapat pasokan cabai dari pedagang besar sebanyak 400 kilogram namun saat ini hanya 250 kilogram saja," sebutnya.

Pewarta: Agung Pambudi P
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018