Stockholm (ANTARA News) - Pendiri IKEA Ingvar Kamprad, yang membangun kerajaan bisnis dengan furnitur rakitan dan dikenal dengan kebenciannya terhadap pajak, meninggal dunia pada usia 91 tahun, kata raksasa mebel Swedia itu, Minggu (28/1).

Ikea mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Kamprad "pergi dengan damai dikelilingi orang-orang terkasih" di rumahnya di wilayah Smaland di Swedia selatan pada Sabtu setelah sakit.

"Warisannya akan dikagumi sampai bertahun-tahun ke depan dan visinya – untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang – akan terus memandu dan menginspirasi kami," kata Jesper Brodin, CEO sekaligus presiden IKEA Group, dalam pernyataan tersebut.

Lahir pada 1926 dari keluarga petani di Smaland, Kamprad mendirikan perusahaan itu pada usia 17 tahun. Meskipun dia sangat sukses dan kaya, kebiasaan belanja sederhana Kamprad hampir mendekati obsesif.

Pada 1973 dia menghindari struktur pajak yang lebih tinggi di Swedia ke Denmark sebelum mencari pajak yang lebih rendah lagi di Swiss, demikian dikutip dari laporan AFP.  (mu)

Pewarta: -
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018