Jakarta (ANTARA News) - Bagi para personel Bangtan Sonyeondan (BTS), popularitas yang mereka raih hingga saat ini bukan semata karena media sosial, namun lebih karena ketulusan dan kualitas yang lebih baik untuk sukses.

"Orang-orang hanya memperhatikan fakta bahwa kami telah berkomunikasi dengan baik dengan penggemar di media sosial. Tetapi yang lebih penting adalah karena kami adalah penyanyi, kualitas musik dan penampilan kami harus baik," RM, leader BTS dalam sebuah wawancara dengan Yonhap.

"Di atas semua ini, ada ketulusan dan pesan yang ingin kami tunjukkan dan katakan melalui komunikasi kami (dengan penggemar)," sambung dia.  

Bang Si-hyuk, produser agensi BigHit Entertainment, tempat BTS bernaung, selalu memberikan dukungan penuh untuk BTS.

Suga, salah seorang personel BTS, mengatakan kalau produsernya itu selalu mendorong tim berpikir secara mendalam soal apa yang ingin disampaikan melalui lagu.


"Kupikir kami mulai dari pemikiran seperti, 'Preferensi harus dihormati' dan 'Mengapa tidak ada orang yang berbicara tentang sekolah dan masyarakat?' Pada saat itu, hal yang paling disesalkan adalah ketika orang menganalisis kami dan mengatakan kami mencapai kesuksesan semata-mata berdasarkan kecakapan SNS kami,"tutur dia.

Tahun lalu, BTS masuk dalam jajaran teratas tangga lagu Billboard 200 dan Hot 100 melalui album "Love Yourself: Her" dan sebuah remix dari "MIC Drop,".

Mereka berkesempatan tampil dalam American Music Awards (AMAs) dan bahkan muncul di tiga acara utama di Amerika Serikat, salah satunya "The Ellen DeGeneres Show".

BTS kini memiliki lebih dari 12 juta pengikut di media sosial Twitter, menjadikan akun mereka sebagai yang paling banyak diikuti di Korea Selatan.

"Menengok ke belakang, 2017 adalah tahun dengan banyak prestasi dan aku merasa bangga untuk hal ini. Di balik semua prestasi adalah penggemar kami yang sangat menghibur kami," kata J-hope.

"Entah itu acara penghargaan atau 'The Ellen DeGeneres Show,' aku tidak pernah merasa gugup, karena aku percaya pada penggemar kami. Pada saat itu, aku merasa telah membuat pilihan yang tepat untuk mengejar karir bernyanyi," kata Jungkook.

Sementara itu, Suga mengatakan bahwa penampilan gropu-nya di AMA adalah yang paling berkesan untuknya.

"Aku biasanya menonton acara penghargaan di internet karena tidak tersedia di televisi. Saya merasa sangat bangga berada di acara itu dan tidak percaya kami tampil di panggung sebelum Diana Ross, yang menerima penghargaan lifetime achievement," kata dia.

Personel BTS lainnya, V mengakui salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan saat mereka tampil di acara televisi Amerika adalah tentang antusiasme para penggemarnya, Army.

"Yang paling berkesan adalah pertanyaan seperti 'Mengapa penggemar Anda begitu bergairah?' dan 'Bagaimana Anda mendapatkan kelompok penggemar yang bagus?,"ungkap dia.
 
Ketika ditanya bagaimana tanggapannya, sambung V, dia mengatakan sembari cekikikan, kalau "RM terus menjawab pertanyaan karena dia bisa berbahasa Inggris dengan baik."

"Awalnya, tampil di atas panggung adalah satu-satunya hal yang harus kami lakukan di tiga talk show," kata RM.

Tapi setelah menyaksikan penggemar BTS ikut bernyanyi bersama kami, tim produksi menambahkan program di mana para personel bisa berinteraksi dengan para pembawa acara, dan memainkan permainan saat acara berlangsung.

"Itu kekuatan penggemar kami," ujar RM, bangga.

Penerjemah: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018