Surabaya (ANTARA News) - Perseroan terbatas Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 8 Surabaya berencana menambah dua kereta api (KA) baru pada 2018, khususnya untuk jurusan Yogyakarta dan Jakarta.

Senior Manager Angkutan PT KAI Daop 8 Surabaya, Raden Agus Dwinanto Budiadji di Surabaya, Selasa mengatakan penambahan dua KA itu sudah diajukan pihak Daop 8 Surabaya ke PT KAI dan rencana akan didatangkan pertengahan tahun 2018.

Ia mengatakan, penambahan KA dilakukan karena padatnya relasi Yogyakarta dan Jakarta dari wilayah Daop 8 Surabaya khususnya untuk kelas premium, sehingga dibutuhkan tambahan KA baru.

Ia menyebut, dengan adanya dua KA baru nanti diharapkan dapat mengisi relasi jam yang kosong di wilayah Daop 8 Surabaya, khususnya pada pagi hingga siang untuk kedua jurusan tersebut.

"Pagi tidak ada kelas premium hanya ada kelas ekonomi, dan penambahan dua KA baru ini akan mengisi jam kosong tersebut," katanya.

Sementara Manajer Humas PT Kereta Api Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko mengakui hingga kini masih belum mengatur ulang skema perjalanan yang ada apabila dua KA baru itu tiba.

Ia mengatakan, total perjalanan KA di Daop 8 Surabaya saat ini mencapai 80 perjalanan untuk kelas ekonomi dan premium, dan untuk relasi ke Yogyakarta dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya mencapai 6 perjalanan di waktu sore dan malam, serta 10 perjalanan KA untuk relasi Surabaya-Jakarta.

"Dengan adanya dua KA baru nanti diharapkan adanya perjalanan tambahan, namun bisa saja perjalanan beberapa KA nanti dihapus dan diganti KA baru, artinya tidak ada tambahan hanya pembaruan KA," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018