Kendari (ANTARA News) - Ikan paus dengan panjang 16,5 meter dan tinggi badan sekitar empat meter ditemukan warga di Pantai Tompobatu Kelurahan Lameroro Kecamatan Rumbia yang diduga terdampar saat gelombang pasang yang terjadi pada (1/1).

Keterangan yang dihimpun dari salah seorang anggota Polwan di Polres Bombana, Bripda Kaslinda, Jumat, membenarkan seekor hewan mamalia itu ditemukan warga nelayan saat turun ke laut.

"Ikan paus itu diduga terbawa arus saat gelombang pasang surut yang begitu cepat, saat gerhana bulan total terjadi," ujar Kasman (55) waga Keluruhan Lameroro saat ikut menyaksikan kondisi ikan langka itu.

Menurut dia, kondisi ikan mamalia sudah tak bernyawa dan mengenaskan, sehingga warga tidak bisa berbuat banyak apalagi untuk menyelamatkannya. Hewan tersebut kini menjadi tontonan  warga sekitar pantai Tompobatu.

Hingga berita ini dibuat, belum ada keterangan dari pihak pemerintah setempat maupun dari instansi teknis yang bisa dimintai konfirmasi terkait ikan paus yang terdampat itu.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018